Jakarta
Oleh Jihan Nadia pada hari Rabu, 24 Apr 2019 - 22:46:37 WIB
Bagikan Berita ini :
Pendistribusian KLJ 2019

Anies Imbau Lansia Diperlakukan Sebagai Customer Platinum

tscom_news_photo_1556120797.jpg
Gubernur Anies saat memberikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah, Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).  (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah, Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).

KLJ diberikan kepada lansia dengan kriteria berusia di atas 60 tahun, memiliki KTP Provinsi DKI Jakarta, tidak memiliki penghasilan tetap/ kurang mampu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, terlantar secara psikis dan sosial, dan sakit telah menahun dan/atau hanya terbaring di tempat tidur.

“Jadi intinya adalah orangtua di Jakarta harus kita hormati kita hargai kita lindungi termasuk dalam kesejahteraannya.Karena itulah kemudian kita memberikan program bantuan keuangan kepada mereka dan ini dibagikan lewat bank DKI. harapannya dengan adanya bantuan ini maka mereka akan bisa hidup lebih layak,” papar Anies dalam sambutannya.

Prosedur pengambilan dana dari KLJ ini juga sederhana, masing-masing lansia menerima dana banstuan sosial (bansos) PKD Lansia sebesar Rp. 600.000 per orang per bulan (sesuai dengan Keputusan Gubernur No.406 Tahun 2018). Dengan mekanisme penyaluran dananya per triwulan dari Rekening KLJ Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta ke masing-masing rekening lansia dengan pengambilan dananya per bulan.

Selain itu, Anies menekankan bahwa pengambilan dana oleh para lansia nantinya haruslah didahulukan. Aniesingin para lansia diperlakukan sebagaicustomer platiumatau lebih diprioritaskan dalam pencairan KLJ.

“Saya sampaikan kepada Bank DKI perlakukan orang tua sebagai customer platinum Meskipun mereka secara ekonomi lemah tapi mereka adalah orang tua kita yang dulu mendidik membesarkan kita dan ibu kota harus menjadi tempat yang menghargai mereka yang sudah berjasa untuk kita,” terangnya.


Pemberian Bansos PKD Lansia melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) ini berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD. Serta Peraturan Gubernur Nomor 193 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Sosial Untuk pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Usia, dan Keputusan Gubernur Nomor 406 Tahun 2018 tentang Penetapan Besaran Bantuan Sosial untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar bagi Lanjut Usia.

Tahun 2019 tersedia anggaran untuk Bansos PKD Lansia sebesar Rp. 291.016.800.000, dengan sasaran sebanyak 40.419 lansia penerima manfaat yang penyalurannya dibagi dalam 2 tahap. Sebanyak 28.420 lansia yang telah mendapatkan KLJ di tahun 2018 secara otomatis telah menerima dana bansos PKD lansia dan dapat menarik dananya melalui ATM Bank DKI dari Januari - Maret 2019, sedangkan bagi pemegang KLJ baru, akan didistribusikan kepada 11.999 Lansia Penerima Manfaat baru yang telah melalui proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT), dan mulai didistribusikan hari ini untuk 5 wilayah kota administrasi Provinsi DKI Jakarta. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...