Opini
Oleh M Rizal Fadillah (Mantan Aktivis HMI) pada hari Sabtu, 25 Mei 2019 - 18:12:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Berbalik Sendiri

tscom_news_photo_1558782762.jpg
Ilustrasi gas air mata berbalik arah (Sumber foto : Ist)

Di video terlihat pasukan polisi sedang menembak aksi pengunjuk rasa dengan gas air mata. Tiba-tiba angin mengembalikan peluru yang ditembakkan tersebut ke arah kerumunan polisi sendiri. Panik dan kocar kacirlah para polisi ketakutan oleh pedihnya semburan gas airmata yang ditembakkan tersebut. Ini namanya senjata makan tuan eh makan Brimob. Berbalik sendiri.

Kerusuhan setelah penyusupan perusuh ke kelompok pengunjuk rasa yang sudah tertib sejak awal berdemo. Perusuh yang di video atau cctv antara lain terlihat berada bersama polisi melakukan perusakkan mobil. Artinya polisi yang merusak mobil atau perusuh itu diduga "bagian" dari polisi. Ini artinya berbalik sendiri.
Lalu ada lagi konperensi Pers di TV Kapolri menerangkan berhasil menyita senjata dari demonstran. Menakutkan melihat canggihnya senjata serbu M-4 berpeluru tajam tersebut. Rupanya muncul komen atas peristiwa itu, bahwa untuk barang bukti tak boleh dipegang tangan tanpa sarung tangan karena meninggalkan sidik jari. Berarti pemegang "awal" senjata itu terbukti adalah Kapolri sebagaimana ada dalam barang bukti yang ditunjukkan itu. Berbalik sendiri lagi he he

Memang tentu masih misteri siapa yang disebut perusuh itu. Konon diumumkan dan diakui oleh polisi bahwa mereka bukan dari demonstran murni. Ada kelompok "preman" penyusup. Bertato diantaranya. Nah artinya para pengunjuk rasa itu bersih dari tuduhan sebagai perusuh. Akan tetapi mengapa yang jadi sasaran tembak adalah pengunjuk rasa yang sedang bergerak pulang secara tertib meninggalkan arena ? Demikian pula korban luka dan tewas bukan mereka yang merangsek melawan aparat. Mengapa tak ada dari "ratusan" perusuh penyusup yang menjadi korban ? Semua pertanyaan jika dijawab bisa saja berbalik sendiri.

Secara hukum tak bisa kesalahan hanya berdasar dugaan. Harus didasarkan pada "penyelidikan" dan "penyidikan" kemudian pembuktian yang terang. Itulah tuntutan masyarakat atas kejadian yang dramatis ini. Pihak kepolisian katanya membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini. Rakyat dan masyarakat komen lagi dengan nyinyir janganlah begitu nanti "jeruk makan jeruk". Harus ada tim pencari fakta independen yang dibuka akses seluas luasnya oleh pihak kepolisian untuk menyelidiki. Dengan cara yang terbuka ini maka kepolisian siap menunjukkan kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa institusi pengayom masyarakat itu bersih dari pola rekayasa rekayasaan. Penyusup benar benar pihak ketiga yang secara konsisten dan konsekuen akan menerima hukuman yang setimpal.

Kasus ini tak boleh berhenti di tengah jalan penyelidikannya harus tuntas karena bukan hanya rakyat telah melihat tontonan dari suatu kerusuhan tetapi juga kebrutalan tindakan yang mungkin merupakan pelanggaran HAM berat. Wiranto boleh sukses mematikan akses informasi tapi kamera yang bertebaran merekamgambaran peristiwa. Termasuk Masjid yang diobrak abrik.Pak Wiranto tak perlu banyak mengancam pula, karena fakta yang sulit dibantah bapak lah yang telah melakukan pembunuhan atau pembantaian itu. Membunuh informasi dan membantai medsos !
Meskipun beberapa jam nyatanya telah sangat merugikan. Dan ini adalah pelanggaran HAM.

Bandung, 25 Mei 2019 (*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #polri  #bawaslu  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Kode Sri Mulyani dan Risma saat Sidang MK

Oleh Anthony Budiawan - Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies)
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sri Mulyani (dan tiga menteri lainnya) dimintai keterangan oleh Mahkamah Konstitusi pada 5 April yang lalu. Keterangan yang disampaikan Sri Mulyani banyak yang tidak ...
Opini

Tersirat, Hotman Paris Akui Perpanjangan Bansos Presiden Joko Widodo Melanggar Hukum: Gibran Dapat Didiskualifikasi?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --1 April 2024, saya hadir di Mahkamah Konstitusi sebagai Ahli Ekonomi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2024. Saya menyampaikan pendapat Ahli, bahwa: ...