Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Minggu, 23 Jun 2019 - 11:33:57 WIB
Bagikan Berita ini :
Mobilisasi Masa Demo 21 Mei

Komnas HAM Telusuri Akun Media Sosial

tscom_news_photo_1561264437.jpeg
Kantor Komnas HAM (Sumber foto : Istimewa)

AMBON (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan masih menelusuri akun-akun media sosial yang diduga ikut memobilisasi massa bernuah kericuhan 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

"Kami masih menelusuri trafik arus mobilisasi massa demo melalui media sosial," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM Perwakilan Maluku di Ambon, Minggu (23/6/2019).

Taufan menyatakan dalam menelusuri kasus kerusuhan tersebut pihaknya bekerja sama dengan tim Cyber Crime Mabes Polri
"Berdasarkan pemantauan dugaan pelanggaran HAM saat kericuhan 21-22 Mei 2019, ditemukan fakta adanya pengkondisian untuk terjadinya peristiwa itu beberapa bulan sebelumnya," jelasnya.

Pasalnya, lanjut dia, berdasarkan pernyataan massa yang menjadi korban kekerasan mengaku ikut berdemo karena adanya ajakan untuk berjuang yang disebarkan melalui media sosial.

Sayang, Taufan enggan merinci platform media sosial apa saja yang ditelusuri dan berapa banyak akun yang sudah terdata. Tapi menurut dia, akun-akun media sosial yang ikut memobilisasi massa demonstrasi adalah akun-akun yang menyebarkan informasi hoaks dan berita-berita palsu.

"Ada pengkondisian dari beberapa bulan sebelumnya oleh kelompok-kelompok tertentu. Ini dari pengakuan beberapa korban demo yang kami tanya, mereka mengaku ikut karena diajak melalui media sosial untuk memperjuangkan keadilan," ucapnya. (ahm)

tag: #komnas-ham  #kerusuhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...