Berita
Oleh Fitriani pada hari Selasa, 02 Jul 2019 - 14:11:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Ke Luar Negeri, Mendag Batal Diperiksa KPK

tscom_news_photo_1562051488.jpg
Mendag, Enggartiasto Lukita (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Perdagangan (Mendag)RI Enggartiasto Lukitabatal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, 2 Juli 2019. Enggar berhalangan hadir lantaran tengah berada di luar negeri. KPK sendiri telah menerima surat pemberitahuan dari Mendag.

“Yang bersangkutan sedang berada di luar negeri sehingga meminta penjadwalan ulang," ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah menjelaskannya melalui keterangan tertulis, Selasa (02/07/2019).

Enggar sendiri dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bowo Sidik Pangarso dan stafnya, Indung, terkait kasus penerimaan gratifikasi terhadap politikus Golkar tersebut, dan temuan beberapa dokumen oleh penyidik saat menggeledah ruang kerja Enggar beberapa waktu lalu.

Atas ketidakhadiran Enggar, KPK menjadwalkan ulang pemeriksaan pada 8 Juli 2019. KPK pun berharap Mendag memenuhi panggilan pada pekan depan. "Saksi bisa datang memenuhi panggilan penyidik dan menjelaskan secara terbuka.” ucap Febri.

Bowo Sidik merupakan tersangka dua perkara. Pertama, atas kasus dugaan suap dalam kerja sama penyewaan kapal PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) dan PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG). KPK menduga Bowo Sidik menerima suap dari Manager Marketing PT Humpuss Transportasi Kimia Asty Winasti sebanyak Rp221 juta dan US$85.130.

Suap tersebut diduga diberikan agar perusahaan itu dapat menjadi pengangkut amonia milik PT Pupuk Indonesia, namun dalam pengembangannya, KPK menduga ada penerimaan dari sumber lain oleh Bowo Sidik, terkait jabatannya sebagai anggota DPR.

KPK sendiri telah mengidentifikasi ada empat sumber dugaan penerimaan gratifikasi oleh Bowo Sidik, yaitu peraturan Menteri Perdagangan tentang perdagangan gula rafinasi, lalu penganggaran dana alokasi khusus di beberapa daerah. Kemudian revitalisasi empat pasar di Minahasa Selatan dan posisi orang tertentu di BUMN. (ahm)

tag: #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...