Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 20 Jul 2019 - 16:58:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Sistem Terganggu, BI Minta Nasabah Mandiri Tidak Panik

tscom_news_photo_1563616735.jpg
Bank Mandiri (Sumber foto : istimewa)

MEDAN (TEROPONGSENAYAN) -- Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko meminta nasabah tidak perlu panik akibat adanya gangguan sistem pembayaran yang terjadi di PT Bank Mandiri Persero Tbk.

Pasalnya, menurut dia, bank tersebut sudah menjalankan business continuity planning (BCP) atau rencana keberlanjutan bisnis sebagai tindak lanjut cadangan ketika bisnis tak berjalan sebagaimana mestinya.

"Jangan khawatir, Bank Mandiri ada aturan-aturan pemeliharaan sistem, dan bank-bank besar punya itu. Jadi ada keberlangsungan operasi," kata dia di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2019).

Oleh karena itu, Onny meminta Bank Mandiri memberikan informasi secepat mungkin kepada nasabah mengenai langkah penyelesaian yang telah dilakukan.

"Segera memberitahukan atau berkomunikasi kepada nasabah untuk memberikan perlindungan nasabah dan kepastian layanannya terjaga dan terkendali," tegas Onny.

Selain itu, lanjut Onny, bisnis sistem pembayaran yang melibatkan banyak nasabah harus memiliki ketahanan sistem operasinya dan terus memperkuat rencana cadangan untuk mendukung bisnis.

Dengan begitu perbankan dapat sigap dan cepat untuk menjaga kualitas dan kontinuitas operasinya dalam situasi dan kondisi apapun.

"Hemat saya, masalah itu segera teratasi. Mengingat bank telah lakukan komunikasi kepada masyarakat," terangnya.

Seperti diketahui, hari ini banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan berubahnya saldo rekening mereka melalui laman media sosial.

Ada nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan ada juga nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi nol dan tidak dapat melakukan penarikan. (ahm)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement