Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Minggu, 21 Jul 2019 - 08:50:43 WIB
Bagikan Berita ini :
Pimpin Pawai

Susi Teriak: Buang Plastik Sembarangan Melanggar HAM

tscom_news_photo_1563673843.jpg
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin pawai tolak plastik sekali pakai, di Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pimpin pawai tolak plastik sekali pakai yang diikuti sekitar 1.000 orang peserta. Selain Susi, hadir juga dalam aksi Kaka dan Ridho Slank, serta musisi Navicula dari Bali serta sejumlah tokoh lainnya.

Pawai dimulai dari Bundaran HI berjalan kaki menuju Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (21/7/2019) pagi.

Sembari berjalan kaki dari Bundara HI menuju Monas, Susi mengajak masyarakat yang ada di kawasan Car Free Day (CFD) untuk menolak penggunaan plastik sekali pakai karena sudah mengancam lingkungan.

"Ayo semua ikut pawai bersama saya, kita kampanyekan tolak plastik sekali pakai, yang buang plastik sembarangan melanggar HAM," teriak Susi melalui pengeras suara.

Pawai bebas plastik ini akan menjadi aksi terbesar di Indonesia untuk menolak plastik sekali pakai. Kegiatan diisi dengan pawai, orasi, "flash mob", "monster plastik" dan pertunjukan musik.

Ada tiga poin penting yang menjadi desakan peserta pawai. Pertama, pemerintah melarang plastik sekali pakai yang berlaku secara nasional. Plastik sekali pakai tersebut adalah kantong plastik, sedotan plastik, styrofoam, sachet dan microbeads.

Kedua, pemerintah memperbaiki sistem tata kelola sampah berupa: penegakan sistem pemilihan sampah dari sumber hingga akhir serta mendukung produksi kemasan dalam negeri yang pro-lingkungan, pro-kearifan lokal dan bebas plastik.

Ketiga, produsen dan pelaku usaha bertanggung jawab atas sampahnya. Caranya, mengambil kembali sampah kemasan yang dihasilkannya, berinovasi dalam merancang kemasan plastik, serta berinovasi dalam sistem pengiriman produk agar tidak mengandalkan plastik sekali pakai.(plt)

tag: #susi-pudjiastuti  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement