Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 05 Agu 2019 - 20:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Buntut Mati Listrik Massal, DPR Desak Jokowi Copot Menteri ESDM-BUMN

tscom_news_photo_1565012313.jpg
Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu menyebut Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno bertanggung jawab atas peristiwa mati listrik massaldi sebagian Pulau Jawa, Minggu (4/8/2019) kemarin.Dia menyebut, keduanya pantas dicopot.

"Ini tanggung jawab Meneg BUMN dan Menteri ESDM. Menterinya saja sekalian diganti," kata Irawan kepada wartawan, Senin (5/8/2019).

Menurut Irawan, Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk mengganti para menteri di kabinet.

Politisi Gerindra itu mendorong Jokowi segera melakukan reshuffle tanpa harus menunggu masa jabatan berakhir pada Oktober 2019.

"Lagian kan presiden akan lanjut, beliau bisa ganti menteri yang tidak perform agar program bagi mencapai visi misi yang dijanjikan dalam masa kampanye segera dijalankan tanpa harus menunggu periode berjalan berakhir," ujarnya.

Dia menyoroti soal kekosongan kursi Dirut PLN sejak Sofyan Basir terjerat kasus hukum di KPK terkait suap PLTU Riau-1. Menurut Irawan, hal itu turut memengaruhi kinerja PLN.

"Persoalan ini sangat amat serius, presiden pun menaruh perhatian hingga datangi Direktur PLN. Saya khawatir dengan tidak adanya Dirut definitif di PLN, sehingga tidak ada yang berani ambil inisiatif," ucap Irawan.

"Jadi, bila ada pandangan Dirut PLN dipecat, pantas aja. Masalahnya dirutnya nggak ada, dan kekosongan ini seolah dibiarkan, bahkan Plt-nya pun sebentar-sebentar diganti," imbuh dia.

Irawan berharap kejadian serupa tak terulang lagi. Ia mendorong PLN membuat sistem yang mumpuni agar permasalahan di satu titik tidak berdampak luas.

"Ini harus menjadi pembelajaran bagi pemerintah dan PLN, ini kejadian berulang yang tidak boleh terjadi lagi. Harus dibuat contingency plan dan system control agar bila ada masalah di satu titik lokasi dampaknya bisa dilokalisasi, sehingga tidak berdampak luas," tegasnya.

Terkait peristiwa listrik padam massal ini, Komisi VII DPR yang membidangi urusan energi akan menggelar rapat dengan direksi PLN pada Selasa (6/8) besok. DPR meminta penjelasan dari PLN terkait peristiwa tersebut.

"Pimpinan Komisi VII mengundang direksi PLN. Karena posisi sekarang kan masih reses, jadi tidak mungkin manggil anggota. Jadi perwakilan pimpinan yang di Jakarta untuk hadir," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisjam kepada wartawan, Senin (5/8). (Alf)

tag: #rini-soemarno  #menteri-bumn  #jokowi  #ignasius-jonan  #menteri-esdm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...