Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Minggu, 25 Agu 2019 - 14:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Masih Bermanuver, Kubu Oding Dianggap Ingin Memecah Belah Bamus Betawi

tscom_news_photo_1566718100.jpg
Haji Oding (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gonjang-ganjing di tubuh Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi DKI Jakarta belum juga usai. Bahkan, kini rumah besar ormas-ormas se-DKI Jakarta itu terancam pecah.

Pemicunya adalah ulah sekelompok orang yang dimotoriZainuddin Cs alias Haji Oding yang hendak membuat Bamus tandingan. Mereka dijadwalkan menggelar deklarasi dan pengukuhan kepengurusan Bamus Betawi kubu Mubes Ancol di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Minggu (25/8/2019), siang.

Merespon manuver Oding, Ketua Umum Bamus Betawi DKI Jakarta, Abraham Lunggana alias Haji Lulung meminta Oding dkk berhenti bermanuver.

Sebab, menurut Haji Lulung, manuver yang dilakukan Oding dkk sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap legalitas kepengurusan Bamus Betawi periode 2018-2023 hasilMubes Bamus Betawi yang gelar di Hotel Twin pada 1-2 September 2018 lalu.

Dia pun menegaskan, bahwa kepengurusan Bamus yang dipimpinnya akan baik-baik saja. Sehingga, manuver apapun yang sedang coba dilakukan Oding dkk tak lebih hanya menyulut perpecahan dan berpotensi merusak persatuan keluarga besar Bamus Betawi.

"Saya mengajak kepada semua, yuk guyub, yuk mari kita jagain kampung kita Betawi. Ini kampung kita bersama. Ayo sama-sama kita jaga kekompakan dan keutuhan keluarga besar Bamus, intinya kami ingin baik-baik," kata Haji Lulungdi Sekretariat Bamus Betawi, Jakarta Pusat, kemarin malam.

Menurutnya, manuver yang dilakukan kubu sebelah sama saja mereka memang sengaja ingin memecah belah dan ingin merusak persatuan Bamus Betawi.

"Jadi, kepengurusan kami ini adalah hasil resmi Mubes Bamus. Maka, kalau ada yang tidak puas dengan hasil Mubes kemarin, sebaiknya sabar menunggu sampai Mubes yang akan datang," papar Haji Lulung.

Karenanya, dia meminta Oding dkk untuk tidak meneruskan manuver-manuver yang tidak perlu. Apalagi, denganpenggunaan atribut Bamus Betawi,baik lambang, bendera, kop surat atau stempel.

Haji Lulung mengaku, sebelumnya sudah beberapa kali melakukan upaya-upaya untuk merangkul kubu Oding.

"Bahkanhal itu sudah kami lakukansejak kami mengantongi SK Kemenkumham dandikukuhkan oleh Gubernur. Kami undang mereka di acara pengukuhan hingga lebaran Betawi kemarin. Di acara open house Bamus juga. Tetapi mereka tidak hadir dan tidak merespon undangan silaturrahmi kami," terang mantan Wakil Ketua DPRD DKI itu.

"Kami sadar betul, bahwa Jakarta ini banyak warga pendatang dari luar daerah yang perlu ketenangan. Makanya, Jakarta harus guyub. Kalau kita sebagai tuan rumah saja sudah ribut, gimana Jakarta bisa guyub," sambungnya.

Haji Lulungpun mengaku bingung dengan sikap kubu Oding csyang terus menerus bermanuver dan menolak hasil Mubes.

"Apa motif dibalik manuver mereka, saya tidak tahu. Wallahua"lam..," ujar Haji Lulung.

Selanjutnya, Haji Lulung menyatakan, bahwa pihaknya juga tak akan bosan-bosan mengajak ormas-ormas Betawi untuk tetap guyub dan menjaga tali silaturrahmi.

"Saya mengajak abang dan mpok untuk terus membangun komunikasi, menjalankan silaturahmi untuk tetap guyub,” ucap Haji Lulung.

Hal ini, menurut Haji Lulung, sebagaimana arahan Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang meminta Bamus Betawi tetap guyub dan menjalin kemitraan yang baik dengan seluruh ormas di wilayah Ibu Kota. (Alf)

tag: #bamus-betawi  #haji-lulung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...