Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 27 Agu 2019 - 11:09:30 WIB
Bagikan Berita ini :
Survey KedaiKOPI

39,8 Persen Masyarakat Indonesia Tak Setuju Ibu Kota Pindah

tscom_news_photo_1566878970.jpg
Kota Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Survei KedaiKOPI menemukan umumnya warga tak setuju dengan rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Dalam survei yang digelar KedaiKOPI pada 14-21 Agustus 2019, sebanyak 39,8 persen responden menyatakan tak setuju terkait pemindahan ibu kota negara.

"Sebanyak 39,8 persen responden menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pemindahan ibu kota, sedangkan yang setuju sebesar 35,6 persen dan 24,6 persen memilih untuk tidak beropini," kata DirekturEksekutif KedaiKOPI Kunto Wibowo di Jakarta,Selasa (27/8/2019).

Survei dilakukan di 34 Provinsi Indonesia terhadap 1.200 orang responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam survei itu, tulis Kunto, penduduk di Pulau Sulawesi paling setuju ibu kota dipindah. Sebanyak 68,1 persen responden di Sulawesi menyatakan setuju.

Sementara penolakan terbanyak berasal dari warga Jakarta. Sebanyak 95,7 persen responden asal Jakarta menyatakan tidak setuju ibu kota pindah.

"Penduduk DKI Jakarta tentu saja yang paling terdampak dari rencana perpindahan ini, tidak mengherankan jika mereka paling banyak yang tidak setuju," ujar Kunto.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bakal memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan pemindahan ibu kota negara untuk mengurangi beban yang dialami DKI Jakarta dan Pulau Jawa, seperti kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan air. (ahm)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Anggap Lakukan Kebohongan Publik, Pengamat Ini Desak Erick Thohir Mundur

Oleh La Aswan
pada hari Selasa, 22 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat Politik Gde Siriana Yusuf mendesak agar Menteri BUMN Erick Thohir Mundur dari jabatannya. Desakan tersebut dilontarkan Gde karena Erick Thohir dianggapnya telah ...
Berita

Politisi Ini Kritisi Pembangunan Jalan Asal-asalan di Lampung

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Politisi Golkar, Tony Eka Chandra menyatakan sejumlah proyek provinsi Lampung perlu dievaluasi. Salah satunya, yang ia kritisi adalah proyek Rp 5,7 miliar berupa jalan poros ...