Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 04 Sep 2019 - 22:18:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Moeldoko: Sehat Itu Mahal

tscom_news_photo_1567610315.jpeg
BPJS Kesehatan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko angkat bicara tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Menurut dia, kenaikan tersebut dilakukan agar masyarakat sadar bahwa hidup sehat itu mahal.

"Semua masyarakat harus memahami itu. Jangan mengembangkan sehat itu murah. Nanti repot. Sehat itu mahal, perlu perjuangan. Kalau sehat itu murah orang menjadi sangat manja, tidak mau mendidik dirinya untuk menjadi sehat. Sehat itu perlu perjuangan. Perlu olahraga, perlu ngurangi rokok," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Menurut dia, pemerintah telah melakukan berbagai kajian sebelum memutuskan kenaikan iuran peserta BPJS Kesehatan. Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan, tarif iuran BPJS Kesehatan diusulkan untuk naik.

Kendati demikian, kata dia, Presiden juga meminta agar kenaikan tarif BPJS Kesehatan diiringi dengan perbaikan manajemen BPJS Kesehatan.

"Termasuk bagaimana bangun sistem lebih efisien, lebih efektif. Jadi dua-duanya akan dibenahi. Karena memang secara itung-itungan, selama ini BPJS tidak pernah mencukupi. Oleh karena itu caranya harus naik," ujar dia.

Seperti diketahui, kenaikan tarif iuran peserta mandiri BPJS kelas I dan II JKN-KIS diberlakukan mulai 1 Januari 2020. Iuran kelas I akan naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 160 ribu per jiwa per bulan. Sementara, iuran kelas II naik dari Rp 59 ribu menjadi Rp 120 ribu.

Iuran peserta penerima bantuan iuran (PBI) yang iurannya dibayar pemerintah juga naik dari Rp 23 ribu menjadi Rp 42 ribu per jiwa per bulan. Iuran yang tidak naik hanya peserta mandiri yang merupakan pekerja bukan penerima upah (PBPU) serta bukan pekerja (BP) kelas III.(plt)

tag: #bpjs-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement