Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 16 Nov 2019 - 11:25:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Kader Muda Dorong Zulhas Kembali Jabat Ketum PAN

tscom_news_photo_1573878339.jpg
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang Kongres Partai Amanat Nasional (PAN), Ketua Umum Zulkifki Hasan alias Zulhas dinilai bisa kembali memimpin partai berlambang matahari terbit sampai lima tahun berikutnya.

Kader muda DPP PAN Rizki Aljupri mengatakan, tidak ada aturan tertulis di internal partainya yang menyatakan jabatan ketua umum hanya boleh diemban satu periode.

"Silahkan dicek di AD/ART, apakah ada aturan partai yang melarang seorang Ketum menjabat dua periode? Kan tidak. Karena itu menurut saya sah-sah saja jika Pak Zul (Zulkifli Hasan) kembali menjadi Ketua Umum DPP PAN,” kata Rizki kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN ini mengungkapkan, bahwa nantinya para Ketua PAN di tingkat provinsi dan kabupaten/kota lah yang memiliki hak suara untuk menentukan siapa Ketua Umum DPP PAN berikutnya di periode 2020-2025.

"Nanti di kongres, Ketua-Ketua DPW dan DPD yang akan memilih siapa Ketua Umum PAN berikutnya. Bisa saja Pak Zul lagi, tapi tidak menutup kemungkinan ada sosok baru. Yang penting siapa pun nahkoda PAN berikutnya, saya berharap partai ini bisa bertransformasi menjadi partai modern dan lebih progresif,” ungkap Rizki.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Tegal ini menyebut, sosok Zulkifli Hasan relatif bisa diterima oleh seluruh kalangan, dan hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi PAN jika kembali dipimpin oleh figur yang dapat bekerja sama dengan seluruh pihak.

"Yang perlu menjadi catatan adalah ketua umum PAN untuk lima tahun kedepan harus lah sosok yang dapat bekerja sama dengan semua stakeholders, baik itu internal maupun eksternal. Karena akan sulit membesarkan partai jika ada resistensi tinggi terhadap figur ketua umumnya,” ujar Rizki.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan partainya akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 6 Desember 2019. Di forum Rakernas itu lah akan dibahas jadwal Kongres PAN untuk pemilihan ketua Umum yang baru.

Wakil Ketua MPR ini juga menambahkan, saat ini sudah ada beberapa kandidat calon ketua umum PAN, di antaranya mantan MenPAN-RB di Kabinet Kerja Asman Abnur, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap, dan putra sulung Amien Rais, Hanafi Rais.

Zulkifli sebelumnya menyatakan dirinya siap kembali maju sebagai calon ketua umum PAN, apabila memang diminta oleh kader-kader di daerah. (Alf)

tag: #partai-amanat-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...