Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 19 Nov 2019 - 22:23:43 WIB
Bagikan Berita ini :

PKS Persilakan Gerindra Usul 10 atau 20 Nama Cawagub, Tapi..

tscom_news_photo_1574177023.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempersilakan Gerindra mengajukan 10 atau 20 nama bakal calon wagub(cawagub) DKI. Tetapi, nama-nama tersebut harus diserahkan dulu ke PKS.

Sebab,nantinya hanya ada dua nama yang boleh diajukan ke DPRD sesuai dengan tata tertib (tatib) dewan.

Anggota Fraksi-PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi mengatakan, dari proses perencanaan dalam hal ini lobi-lobi antara PKS dengan Gerindra, ada pernyataan Gerindra sudah menyerahkan nama yang diusulkan PKS. Tapi kenyataannya belakangan ini Gerindra tiba-tibajuga mengajukan empat nama.

"Dari satu sisi kelihatan ikhlas, tapi nyatanya mengajukan nama. Kalau itu enggak apa-apa, mau 10 atau 20 nama yang diajukan enggak apa-apa yang penting diajukan dulu ke PKS," kata Suhaimi, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Suhaimi menuturkan, selain dibutuhkan diskusi antarpartai pengusung, Gubernur DKI Jakarta juga perlu diberitahukan siapa saja nama-nama yang bakal mendampinginya kelak.

"Tapi dalam parpurna dan proses pemilihan nanti tidak boleh lebih dari dua nama. Karena tatib sudah mengatur proses pemilihan di DPRD hanya dua nama. Sedangkan bila yang diajukan lebih dari dua nama, prosesnya di partai pengusung," tuturnya.

"Aturan dari Kemendagri juga hanya dua nama yang diusulkan oleh partai pengusung. Jadi kalau muncul banyak nama diselesaikan di partai pengusung. Setelah disaring dua nama diserahkan ke Gubernur, dan dua nama itu dikirim ke DPRD dan diproses dipanlih untuk dipilih diparipurna," ucap Suhaimi. (Alf)

tag: #pks  #dprd-dki  #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...