Ragam
Oleh Ahmad Iskandar (Mantan wartawan dan anak Betawi Pasar Minggu) pada hari Rabu, 20 Nov 2019 - 19:04:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketika Pelukis Betawi Ketemu Van Gogh

tscom_news_photo_1574251476.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Sabtu, 16 November 2019, waktu Jakarta atau sesaat sebelum saya jadi pembicara untuk peluncuran buku anak Betawi Pondok Pinang Chairil Gibran Ramadhan yang berjudul "Koningin Van Get Oosten", pelukis Betawi Bang Iwan Aswan menelepon saya dari Kota Paris, Perancis.

Iwan Aswan (IA): Hallo Assalamu alaikum

Penulis (P): Hallo juga Bang Iwan..apa kabar?

(IA): Alhamdulillah Iskandar..ane sehat..cuma emang suhunya 2 derajat di sini".Berase juga gemeletuk nih tulang kedinginan.

(P): Ane doain Bang Iwan sehat terus di sana.Gimana udah mulai ngelukis dan bikin sketsa bang?"

(IA): Nah..ente perlu tahu nih..ane udah tahap survey semua..besok udah mulai ane bikin skets dan ngelukis.

Hari ini ane ketemu patung dan kuburan Van Gogh.

(P): Wah luar biasa bang.ente bisa dialog imagiener sama Van Gogh. Ngomong dari hati ke hati sesama pelukis.

(IA): Ini makanya ane telepon ente. Ane sampe gemetaran nih saking terharu. Akhirnya ane bisa ketemu sama salah satu pelukis besar dunia. Alhamdulillah ya Allah udah memberi ane Rizki sehingga pake dana sendiri melanglang buana ke Perancis dan juga beberapa negara Eropah.

(P): Iya bang, ane ikut seneng. Mudah2an tercapai apa yang Bang Iwan impi2kan.

###
Kalau berbicara soal Iwan Aswan, maka ada 3 hal yang langsung ketangkap soal jati dirinya.

Pertama, Iwan Aswan adalah seorang pelukis. Dalam usianya yang menginjak 63tahun, dalam kurun waktu 40 tahun ini sudah 700-an lukisan tercipta dari tangannya. Ditambah sketsa mungkin lebih dari 1000.

Kedua, Iwan adalah anak Betawi kelahiran Kebon Siri. Dulu kakeknya adalah orang Betawi terkaya di Kwitang. Rumah kakeknya sebelah2an sama rumah Seniman Betawi Ismail Marzuki (Bang Maing).

Yang ketiga, Iwan adalah anak Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Iwan mengasah bakat melukisnya di jalur orang sekolahan dengan belajar teori2 di IKJ. Seperti diketahui ada dua Mazhab pelukis Indonesia. Yaitu yang bakat alam seperti maestro pelukis Affandi dan Heng Ngantung. Dan kedua Mazhab yang ditempuh dosennya Bang Iwan yaitu pelukis Srihadi. Asli orang sekolahan, karena selain ngajar di IKJ, Srihadi juga ngajar di seni rupa ITB.

Iwan adalah tipe pelukis profesional. Menikah ketika usia 44 tahun, di awal2 pernikahannya, Iwan cari nafkah dengan menjajakan lukisan nya di kereta Jakarta Bogor kelas eksekutif. Sorenya dari jual lukisan secara eceran ia selalu bisa bawa uang buat istri tercinta, minimal terjual 5 lukisannya di kereta. Bahkan, Iwan bisa membeli rumah yang agak mewah di kawasan Cibubur juga dari hasil menjual lukisannya.

Di awal pernikahannya awal tahun 2000-an Iwan selain melukis, demi dapur ngebul, juga sempet mengajar melukis kepada anak anak orang kaya bahkan anak2 autis pun dia ajar.

Sudah puluhan pameran Iwan ikuti Baik di dalam maupun luar negeri. Kini Iwan lagi mencoba petualangannya melukis di luar negeri. Negara pertama yang ia kunjungi adalah Perancis. Setelah itu akan disambung lawatannya ke Belanda, Jerman dan Inggris dan negara2 Eropa yang lain.

"Siaaap Bang Iwan...saya yakin ente akan jadi pelukis besar Indonesia masa kini ".

Oh ya, selamat ulang tahun Bang Iwan yang Senin 18 November kemarin ulang tahun yang ke-63.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...