Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 20 Nov 2019 - 22:34:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Diskresi, Komisi II Dukung Pembentukan Provinsi Papua Tengah

tscom_news_photo_1574264046.jpg
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pembentukan Provinsi Papua Tengah mendapat lampu hijau dari Komisi II DPR RI. Komisi yang membidangi Otonomi Daerah ini sedang menyiapkan terobosan berupa diskresi guna mempercepat pembentukan provinsi baru di Papua.

"Makanya kita mendorong itu (diskresi-red) pintunya melalui revisi UU Otsus Papua. Makanya kita di komisi 2 juga sudah memasukkan revisi UU Otsus Papua masuk menjadi salah satu prioritas di prolegnas," ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Doli menegaskan pemekaran Provinsi Papua dengan membentuk provinsi Papua Tengah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Sebab dengan langkah ini terjadi penyebaran sentra pelayanan publik dan aktivitas ekonomi.

"Harus ada penyebaran sentra pelayanan publik dan aktivitas ekonomi. Kita bisa mempercepat terjadinya proses penyebaran sentra-sentra itu, dalam konteks politik namanya pemekaran," ujar Doli.

Menurutnya, pemekaran menjadi salah satu solusi konkret dalam meningkatkan kesehahteraan masyarakat Papua. Bahkan, idealnya Papua memiliki tujuh provinsi karena adanya tujuh suku besar di sana.

"Papua ini akan jadi empat (provinsi), Papua Barat tambah satu lagi. Itu konsep awal yang ideal tentang bagaimana kita menyelesaikan masalah di Papua itu," ujar Doli.

Doli juga menegaskan, Komisi II memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan menjaga kedaulatan NKRI. Ia juga berharap, bumi cendrawasih selalu diberikan kedamaian hingga pemekaran terealisasi.

"Kami concern, kami menunjukkan komitmen ya bahwa di Komisi II ini selalu ingin menjaga keutuhan NKRI. Satu anggota masyarakat pun jangan kita biarkan merasa dia tidak diperhatikan," ujar Doli.(dbs)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...