Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 26 Nov 2019 - 19:18:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Tips Liburan 'Ngirit' di Yogyakarta Paling Efektif

tscom_news_photo_1574770689.jpg
Ilustrasi Candi Borobudur (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan administrasi yang Istimewa karena memiliki Sultan sebagai pemimpin kerajaan. Kota yang sangat ramai dengan ragam penduduknya yang sangat ramah ini merupakan tujuan wisata paling populer seantero Pulau Jawa. Kepopuleran Yogyakarta tersebut dikarenakan lokasinya yang dekat dengan situs candi Borobudur, dan candi Prambanan yang memiliki kisah mistis yang amat kuat di situs tersebut.

Kota yang terkenal sebagai Kota Gudeg ini juga sering kali dikaitkan sebagai kota yang sarat akan kesenian tinggi dan terkenal sebagai kota pendidikan. Hal tersebut karena Yogyakarta memiliki banyak sekali sekolah dengan prestasi yang yang amat baik dan terbukti kualitasnya. Yogyakarta juga menawarkan beberapa spot untuk Anda berbelanja dan memiliki berbagai fasilitas wisata yang dapat Anda temukan di Kota Pelajar ini.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Yogyakarta namun memiliki budget terbata, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa pesan travel jakarta jogja di sini untuk mengunjungi kota Pelajar. Setelah itu simak artikel ini sampai selesai dan berkeliling kota dengan travel jakarta jogja.

1. Sewa Kendaraan
Yogyakarta memiliki banyak obyek wisata yang tidak semua dilewati oleh transportasi umum, supaya dapat menghemat biaya, Anda dapat menyewa sepeda motor. Di Yogya banyak tersedia rental motor dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp.50.000 untuk 24 jam, bila berpergian lebih dari 2 orang Anda dapat menyewa mobil, harga termurah sewa bisa menggunakan mobil Karimun dengan tarif sewa Rp.175.000 untuk 12 jam, jika ingin menggunakan jasa driver Anda akan menyewa dengan harga Rp.275.000 untuk 12 jam. Dengan cara menyewa transportasi Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata populer di wilayah Yogyakarta. Bila ingin sekedar mengelilingi kota Yogya Anda bisa menggunakan Trans Jogja dengan tarif Rp.3.500 sudah bisa mengelilingi kota ini.

2. Makanan Murah Meriah
Anda dapat menghemat biaya selama liburan di Yogya dengan membeli makan di angkringan, selain enak harganya juga sangat terjangkau. Satu bungkus nasi kucing dijual seharga Rp.2.000 dan minuman mulai dari Rp.1.000 tergantung apa yang ingin Anda minum. Bila Anda ingin merasakan makanan khas Yogya, Anda dapat membeli gudeg basa di pagi hari dengan harga Rp.7.000 per porsi yang mudah di temukan di pinggir jalan Malioboro, sedangkan makan siang banyak terdapat rumah makan yang menjual nasi lengkap dengan lauk mulai dari Rp.10.000 per porsi.

3. Trik Memilih Penginapan
Pilihlah penginapan yang murah, dan Anda tidak perlu khawatir karena di Yogyakarta terdapat banyak sekali penginapan dengan harga murah yang tersebar di seluruh kota, seperti di pusat keramaian Malioboro. Hotel di kawasan tersebut menyediakan kamar mulai dari Rp.60.000 untuk satu malam, dan harga tersebut sudah termasuk kamar yang nyaman untuk Anda bermalan.

4. Tempat Wisata Murah
Yogya memiliki banyak objek wisata yang murah seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg, dan masih ada banyak lagi. Bila Anda ingin melihat keindahan tempat tersebut, Anda hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000, bahkan ada juga yang gratis. Selain itu Andadapat menikmati keindahan kota di alun-alun utara dan selatan, Tugu Jogja pada malam hari yang dapat dinikmati dengan gratis.

5. Berbelanja Secara Hemat
Belanja merupakan salah satu kebutuhan yang sulit dihindari pada saat liburan, Anda dapat berbelanja dengan harga murah dengan budget yang terbatas, seperti berbelanja di Dagadu khas Yogya mulai harga Rp.20.000 berbagai pernak-pernik gelang mulai Rp.1.500. Saat berbelanja Anda juga bisa menawar harga di sana dan mendapatkan kesempatan harga.

6. Bawa Peta Wisata Yogyakarta
Jika Anda belum mengenal wilayah Yogya, membawa peta wisata adalah cara terbaik untuk mempermudah dan menghemat waktu, ongkos dan tenaga dalam menemukan wisata menarik selama Anda berlibur ke Jogja, atau Anda bisa mendownload peta wisata di hp Anda dengan gratis.

7. Foto Dokumentasi
Beberapa tempat wisata di Yogyakarta di lengkapi jasa foto untuk kenang-kenangan. Bila Anda ingin menghemat pengeluaran, lebih baik Anda membawa kamera sendiri untuk mengabadikan kegiatan selama liburan. Jika Anda ingin menggunakan jasa foto cetak, pada umumnya satu foto dengan menggunakan bingkai di hargai Rp.30.000. (Alf)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...