Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 06 Des 2019 - 17:41:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Haji Lulung Dukung Erick Thohir Bongkar Skandal Garuda-Harley

tscom_news_photo_1575628878.jpg
Anggota Komisi VII DPR, Haji Lulung di Komplek DPR, Senayan, Jakarta. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi VII DPR RI, Abraham "Lulung" Lunggana menyampaikan apresiasi atas keputusan cepat dan tegas Menteri BUMN Erick Thohir yang mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara terkait penyelundupan Harley-Davidson dan sepeda merk Brompton menggunakan Pesawat Garuda A330-900.

Langkah Erick Thohir dalam menangani skandal tersebut menurut Haji Lulung pantas diacungi dua jempol.

"Top, saya acungi dua jempol untuk Pak Erick Tohir. Saya mengapresiasi langkah Menteri BUMN yang bertindak cepat dan tegas dengan langsung memecat yang bersangkutan," kata Haji Lulung kepada wartawan di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Haji Lulung menilai sikap tegas Erick Thohir sangat tepat dalam upaya memutus rantai kejahatan masuknya barang-barang mewah ilegal ke dalam negeri. Sebab, menurutnya, bukan mustahil skandal ini sudah berlangsung lama dan dengan jumlah yang besar.

Karenanya, Haji Lulung meminta Erick Thohir tidak hanya berhenti pada pencopotan orang nomor satu di PT Garuda Indonesia. Kasus ini harus dibawa dan diselesaikan ke ranah hukum.

Politisi Fraksi PAN ini, menyebut, skandal Garuda-Herley harus diinvetigasi dan diusut tuntas dengan menggandeng dan bekerjasama dengan aparat penegak hukum, mulai dari polisi, kejaksaan hingga KPK.

Karena, kata Haji Lulung, penyelundupan barang ilegal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh pemain tunggal dari pihak Garuda saja. Tetapi pasti juga melibatkan pihak-pihak terkait seperti oknum Bea Cukai, petugas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara hingga otoritas Bandara.

Jika terbukti, lanjutnya, mereka harus diberi sanksi tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena skandal ini jelas berakibat pada kebocoran uang negara dalam jumlah fantastis.

"Jadi, Pak Menteri Erick Thohir harus membongkar skandal ini, semua yang terlibat dalam penyeludupan ini harus ditindak tegas. Apalagi, ini jenis barang mewah. Apabila barang tersebut tidak dilaporkan, negara jelas mengalami kerugian besar," tegas Haji Lulung.

"Jadi, siapa pun yang terlibat termasuk para pembeli barang-barang mewah itu harus dikejar. Semua barang harus disita oleh Negara, karena sekali lagi ini merupakan kejahatan besar," sambungnya.

Haji Lulung pun menegaskan, pihaknya mendukung dan berkomitmen akan mengawal kasus ini hingga tuntas. Dia ingin, mafia di tubuh Garuda dibersihkan sampai ke akar-akarnya.

Lebih jauh, Haji Lulung memandang, gebrakan Erick Thohir juga penting dalam upaya menjaga integritas para direksi BUMN-BUMN yang lain dan sekaligus dalam rangka mendorong kebangkitan perusahaan pelat merah di Tanah Air.

"Kami di Komisi VII juga berharap kejadian kasus Dirut Garuda ini menjadi pembelajaran bagi seluruh direksi BUMN ke depan agar jangan coba-coba menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi dan kelompok," katanya.

"Saya kira, Pak Jokowi butuh orang-orang seperti Pak Erick Tohir untuk membenahi sektor-sektor BUMN lainnya," jelas mantan Wakil Ketua DPRD DKI itu.

Dengan begitu, Haji Lulung yakin manajemen yang bersih dan berintegritas di BUMN akan mempercepat perbaikan-perbaikan di semua sektor BUMN sebagaimana yang diharapkan Presiden Jokowi.

Layanan Garuda Tak Boleh Terganggu

Disisi lain, Haji Lulung menambahkan, yang tak kalah penting adalah pencopotan Ari Askhara dari posisi Direktur Utama tidak boleh mengganggu operasional penerbangan Garuda Indonesia.

Dia meminta seluruh pekerja di Garuda Indonesia agar tetap menjalankan tugas sebaik-baiknya secara profesional, dengan tetap mengutamakan safety sebagai hal yang utama.

Seluruh karyawan, kata Haji Lulung, silakan bekerja layaknya kondisi normal tanpa harus terhambat oleh polemik yang terjadi pada jajaran direksinya.

"Saya minta kepada para karyawan Garuda Indonesia agar tetap melayani penerbangan seperti biasa dan selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang, itu yang tak kalah penting," pesan Haji Lulung. (Alf)

tag: #haji-lulung  #komisi-vii  #dpr  #bumn  #menteri-bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...