Oleh pamudji pada hari Senin, 09 Des 2019 - 19:25:27 WIB
Bagikan Berita ini :

KAI-MRT Bentuk Perusahaan Patungan Transportasi Terintegrasi Jabodetabek

tscom_news_photo_1575894327.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN--PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda) membentuk perusahaan patungan atau "joint venture" bidang perkeretaapian perkotaan DKI Jakarta unfuk mengintegrasikan transportasi di Jabodetabek.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian awal (Head of Agreement/HoA) dalam "Perjanjian Pokok Pembentukan Perusahaan Dalam Rangka Integrasi Transportasi Jabodetabek" yang disaksikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (9/12/2019).

"Menggunakan infrastruktur yang telah dibangun, BUMN akan berkomitmen penuh untuk terus mendukung pengelolaan transportasi terintegrasi di DKI Jakarta. Seperti yang telah disetujui dalam HoA, kerja sama PT KAI (Persero) dan PT MRT Jakarta melalui pembentukan New Co akan mematangkan konsep integrasi perkeretaapian dan sarana transportasi lainnya, serta mengembangkan potensi TOD di DKI Jakarta," ujar Kartika.

Perusahaan atau badan usaha baru ini, kata Kartika, direncanakan akan efektif terbentuk pada awal tahun 2020.

"Sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur dan konektivitas di daerah," ucapnya.

Penandatanganan perjanjian ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo agar pengelolaan moda transportasi di Jabodetabek dapat dilakukan oleh satu otoritas.
.
Sejalan dengan arahan presiden tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjuk PT MRT Jakarta sebagai Pihak dalam pelaksanaan pengelolaan moda trasportasi perkeretaapian Jabodetabek yang melalui perjanjian ini. Bersama PT Kereta Api Indonesia, akan membentuk perusahaan baru joint venture vehicle integrasi transportasi Jadebotabek.

Di lokasi yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan integrasi transportasi publik, telah dibuka dengan perjanjian ini.

"Hari ini jadi awal dari sejarah baru bagi masyarakat Jabodetabek. Impian untuk memiliki publik transportasi kelas dunia, sekelas kota-kota modern terkemuka dunia lainnya, insyaAllah segera terwujud," ujarnya.

Setelah penandatanganan perjanjian ini, masih terdapat tahapan-tahapan pekerjaan yang harus diselesaikan.

"KAI setuju bahwa ini (pembentukan perusahaan patungan) perlu dilakukan, agar pengelolaan transportasi di Jabodetabek lebih maksimal, sehingga masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan layanan moda transportasi massal," kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro.

Adapun PT MRT, memandang kerja sama ini sebagai hal yang sangat penting dan strategis bagi perkembangan pengelolaan transportasi Jabodetabek.

"MRT Jakarta segera bekerja bersama KAI untuk mewujudkan perusahaan patungan sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati. Kami juga akan mulai menyiapkan rencana taktis dan strategis dalam rangka mewujudkan sistem transportasi umum kota yang terintegrasi dan berbasis pada pembangunan yang berorientasi transit (Transit-oriented Development/TOD)," ujar Dirut PT MRT William Sabandar. (plt)

tag: #transportasi-massal  #proyek-mrt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement