Oleh Sahlan_ake pada hari Senin, 16 Des 2019 - 11:52:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Tegas, Erdogan Ancam Tutup Pangkalan Militer AS di Turki

tscom_news_photo_1576471931.jpg
Presiden TurkiĀ Recep Tayyip ErdoganĀ  (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Presiden TurkiRecep Tayyip Erdoganmengancam akan menutup dua pangkalan militer strategis yang digunakan Amerika Serikat diTurki. Ancaman ini buntut dari ancaman Washington yang akan menjatuhkan sanksi-sanksi pada Turki dikarenakan pembelian senjata Rusia.

"Jika diperlukan, kita bisa menutup Incirlik dan kita bisa menutup Kurecik," kata Erdogan di saluran televisi pro-pemerintah A Haber seperti dilansir kantor beritaAFP,Senin (16/12/2019).

Erdogan telah beberapa kali mengutarakan kemungkinan penutupan kedua pangkalan militer milik AS tersebut di saat terjadi ketegangan antara kedua negara.

Diketahui, angkatan udara ASmenggunakan pangkalan udara di Incirlik untuk melancarkan serangan ke posisi-posisi yang dikuasai kelompok radikal ISIS di Suriah. Adapun di pangkalan Kurecik terdapat sebuah stasiun radar NATO yang besar.

Diketahui bahwa Turki menghadapi ancaman sanksi-sanksi AS terkait keputusannya membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia, meski Washington telah beberapa kali mengingatkan soal pembelian tersebut.

Pada Jumat (13/12) waktu setempat, Turki memanggil Duta Besar AS setelah Senat AS mengikuti majelis rendah parlemen dan memutuskan untuk menyetujui RUU yang isinya mengakui pembunuhan warga Armenia tahun 1915 sebagai genosida. RUU tersebut masih harus ditandatangani oleh Presiden Donald Trump.

Otoritas Armenia mengklaim bahwa 1,5 juta jiwa tewas dalam gelombang pembunuhan tahun 1915 tersebut. Otoritas Turki menyebut bahwa jumlah korban tewas jauh lebih rendah dari angka tersebut dan warga Turki juga tewas dalam pembunuhan tersebut. Otoritas Turki menyalahkan rentetan pembunuhan itu pada Perang Dunia I. Sumber Detik.com (AL)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...