Oleh Sahlan_ake pada hari Senin, 16 Des 2019 - 11:52:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Tegas, Erdogan Ancam Tutup Pangkalan Militer AS di Turki

tscom_news_photo_1576471931.jpg
Presiden TurkiĀ Recep Tayyip ErdoganĀ  (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Presiden TurkiRecep Tayyip Erdoganmengancam akan menutup dua pangkalan militer strategis yang digunakan Amerika Serikat diTurki. Ancaman ini buntut dari ancaman Washington yang akan menjatuhkan sanksi-sanksi pada Turki dikarenakan pembelian senjata Rusia.

"Jika diperlukan, kita bisa menutup Incirlik dan kita bisa menutup Kurecik," kata Erdogan di saluran televisi pro-pemerintah A Haber seperti dilansir kantor beritaAFP,Senin (16/12/2019).

Erdogan telah beberapa kali mengutarakan kemungkinan penutupan kedua pangkalan militer milik AS tersebut di saat terjadi ketegangan antara kedua negara.

Diketahui, angkatan udara ASmenggunakan pangkalan udara di Incirlik untuk melancarkan serangan ke posisi-posisi yang dikuasai kelompok radikal ISIS di Suriah. Adapun di pangkalan Kurecik terdapat sebuah stasiun radar NATO yang besar.

Diketahui bahwa Turki menghadapi ancaman sanksi-sanksi AS terkait keputusannya membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia, meski Washington telah beberapa kali mengingatkan soal pembelian tersebut.

Pada Jumat (13/12) waktu setempat, Turki memanggil Duta Besar AS setelah Senat AS mengikuti majelis rendah parlemen dan memutuskan untuk menyetujui RUU yang isinya mengakui pembunuhan warga Armenia tahun 1915 sebagai genosida. RUU tersebut masih harus ditandatangani oleh Presiden Donald Trump.

Otoritas Armenia mengklaim bahwa 1,5 juta jiwa tewas dalam gelombang pembunuhan tahun 1915 tersebut. Otoritas Turki menyebut bahwa jumlah korban tewas jauh lebih rendah dari angka tersebut dan warga Turki juga tewas dalam pembunuhan tersebut. Otoritas Turki menyalahkan rentetan pembunuhan itu pada Perang Dunia I. Sumber Detik.com (AL)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Jam Operasional KRL Dibatasi Mulai Hari Ini, DPR : Yang Terpenting Protokol Kesehatanya

Oleh Givary Apriman
pada hari Sabtu, 19 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mulai hari ini PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menyesuaikan jam operasional KRL Commuter Line sehubungan dengan pemberlakuan PSBB di wilayah DKI ...
Berita

Politikus PAN: Ketua KPU Positif Covid-19 Bukan Alasan Menunda Pilkada 2020

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --  Setelah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dinyatakan positif terjangkit Covid-19, tidak sedikit menyarankan agar gelaran Pilkada Serentak 2020 ditunda ...