Oleh Tommy Pardede pada hari Minggu, 05 Jan 2020 - 07:17:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Siap Bantu IKM Korban Banjir

tscom_news_photo_1578183424.jpg
(Sumber foto : antara)

JAKARTA-Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) akan membantu industri kecil menengah (IKM) korban banjir Jabodetabek sejak 1 Januari 2020.

"Kami ada anggaran untuk pemulihan daerah bencana. Kami akan lihat laporan dari mereka butuh apa saja dan segera ditindak lanjuti," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (4/1).

Menurut Gati, sejumlah sentra IKM di Jabodetabek terkena dampak banjir, di antaranya sentra IKM tahu tempe di Semanan, sentra konveksi di Tambora, IKM rotan di Grogol, IKM furnitur di Pondok Bambu, sentra makanan ringan di Bandung Barat, dan IKM gula aren di Cigudeg.

Ditjen IKMA akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian setempat untuk mendata jumlah IKM yang terkena dampak banjir termasuk menginventarisir permesinan yang dibutuhkan.

"Nanti sama-sama kita lihat mereka butuh apa, kalau sarana produksi, kami bantu peralatannya 100 persen seperti yang sudah kami lakukan di Lombok, Palu, dan Padang," ujar Gati.

Kemenperin juga menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk IKM dengan bunga 6 persen, yang dapat digunakan untuk membeli bahan baku produksi.

"Sekarang ditambah lagu ada KUR. Kami tawarkan juga KUR sampe Rp 50 juta itu tidak pakai agunan dengan bunga 6 persen. Jadi mereka bisa beli bahan baku atau mesin untuk produksi," kata Gati.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement