Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 22 Jan 2020 - 02:25:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Kembangkan UMKM, Mendes: 100 Desa Kerjasama Dengan China, Desa Mana Saja?

tscom_news_photo_1579634713.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT)Abdul Halim Iskandar mengatakan hingga saat ini sudah ada 100 desa di Indonesia yang melakukan kerja sama ekonomi dengan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kerja sama ini merupakan implementasi dari hasil studi sejumlah kepala desa di Indonesia ke beberapa desa di China yang telah berhasil mengembangkan berbagai produk UMKM-nya, khususnya di sektor pertanian yang menjadi andalan Pemerintah China maupun Indonesia," kata MendesPDTTAbdulHalim Iskandar saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, (21/0/2020).

Ia mengatakan sengaja mengajak langsung Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian ke Desa Sukajaya, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang kepala desanya berhasil mengimplementasikan pembelajaran yang didapat selama di China.

Melalui program tersebut kerja sama ini bisa semakin erat.Bahkan Dubes Cina tersebut menjanjikan langsung akan membangun hubungansister village,di mana program desa di Indonesia akan dipertemukan dengan desa di China yang mempunyai kemiripan.

Setelah itu akan didatangkan investor yang sesuai dengan potensi dan komoditas di Desa Sukajaya dan desa lainnya di Indonesia, sehingga produk UMKM hasil kreativitas warga desa bisa diekspor atau dibawa ke China.

MendesPDTTAbdul Halim Iskandarmengatakan pihaknya jugamenginginkan kerja sama ini juga tidak hanya sebatas produk, tetapi juga peningkatan kualitas dan alih teknologi dari China dalam mengelola potensi desa.

"Di gelombang selanjutnya saya akan mendampingi sendiri dan akan mengajak bupatiuntuk melakukan studidi China, sehingga kerja sama ini tidak hanya desa dengan desa, tapi hingga kabupaten dengan kabupaten yang ada di Indonesia serta Cina," tambahnya.

Abdul mengatakan semua potensi yang ada di desa harus ditingkatkanbaik dari sisi sumber daya manusia, sumber daya alam,maupun teknologinya.(Antara)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...