Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 23 Jan 2020 - 23:33:58 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Anggap Pengembangan EBT Tak Digarap Serius

tscom_news_photo_1579797238.jpeg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)- Kalangan DPR mengkritik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dianggap tidak serius mengembangkan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

“EBT tidak berkembang signifikan, dari dulu segitu-segitu saja, sekitar 12,7%. ESDM dan BUMN tidak serius mengelola energi ini,” kata anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta di Kompleks DPR Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, pengembangan energi panas bumi (geothermal) sudah banyak yang mau investasi.

Begitupun dengan energi surya, mestinya bisa digarap lebih maju lagi ke depan.

“Jadi jangan mengandalkan sumber energi fosil saja. Penggunaan energi fosil terlalu dimanja,” tandasnya.

Menurut Politikus PDIP ini, roadmap pengembangan EBT ke depan perlu diperjelas lagi. Sehingga investor menjadi lebih tertarik lagi.

“Ini soal kebiasaan saja, ibaratnya biasa bangun jam 10.00 pagi, disuruh bangun jam 05.00, ya memang kalang kabut jadinya,” ujarnya.

Dijelaskannya, EBT itu sumbernya sangat banyak. Apalagi sebagai negeri beriklim tropis, Indonesia memiliki ketersediaan sinar surya yang sangat cukup.

“Begitupun dengan sungai dan gunung yang mampu menghasilkan air terjun untuk Hydro power,” terangnya.

Lebih jauh kata Nyoman, bahkan hempasan angin juga sangat cukup. Hal ini karena Indonesia merupakan negeri kepulauan dan memiliki garis pantai yang panjang.

“Tak hanya itu, Indonesia juga punya sawit dan tanaman Jarak. Komoditi ini sumbernya banyak dan ramah lingkungan, sayangnya kita stagnan produksinya hanya sekitar 12 % saja,” ungkapnya. (Bng)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...