Oleh Alfin pada hari Senin, 27 Jan 2020 - 19:01:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkes Sebut 'Gampang' Cegah Virus Corona

tscom_news_photo_1580126512.jpg
Menkes (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, mengatakan masyarakat tak perlu resah menyikapi ancaman virus corona yang datang dari negara China. Ia menyebut virus corona mudah diatasi bila masyarakat menjaga kesehatan dengan baik.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal penyebaran virus corona.

"Cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu, maka akan ada gerakan sarapan pagi bersama," ujarnya di gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Terawan mengimbau masyarakat tak perlu panik soal itu. Dia berujar sebaran virus Corona hanya mengenai sedikit penduduk China bila dikalkulasikan dari total penduduknya sekarang.

"Dari 1,4 milyar penduduk sana ya paling 2 ribuan [yang terkena virus corona]. 2 ribu dari 1,4 milyar itu kan kayak apa. Karena itu pencegahannya jangan panik, jangan resah. Enjoy saja, makan yang cukup," paparnya

Terawan menerangkan, upaya yang perlu dilakukan masyarakat saat ini adalah menjaga imunitas. Menurutnya, langkah tersebut sebagai kunci utama pencegahan penyebaran virus ini.

"Harus tahulah sifat virus ini apa. Karena virus corona ini ya jelas nggak ada vaksinasinya. Kalau untuk virus belum ada vaksinasi. Dan virus ini akan bisa kerja kalau apa, kalau imunitas kita turun, kalau daya tahan tubuh kita turun," kata Terawan.

Terawan mengaku pihaknya akan mendorong masyarakat melakukan gerakan hidup sehat, seperti berjalan 30 menit sehari dan rutin mengonsumsi air putih. Dia pun berharap agar situasi ini dapat diinformasikan secara bijaksana agar masyarakat tidak panik dan malah membuat imunitas mereka turun.

"Yang harus kita hadapi adalah bagaimana kita memberitakan secara arif tapi tidak menutup-nutupi, apa adanya saja, tapi cara menyampaikannya dengan arif. Di situlah pentingnya kedewasaan kita semua selaku para pejabat, selaku para stakeholder, untuk memberikan yang nyaman. Memang ujungnya pertahanan yang paling kuat ya imunitas," pungkasnya. (Al)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement