Oleh Alfin pada hari Kamis, 20 Feb 2020 - 09:44:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Polri dan IPW Dukung Usulan Pengahapusan Penyelidikan dan Penyidikan Tingkat Polsek

tscom_news_photo_1582166641.jpeg
Lambang Polri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Usulan mengenai penghapusan wewenang Penyelidikan dan Penyidikan bagi Polisi di tingkat sektor atau kecamatan mengiang dari Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Kemanan Mahfud MD. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga tak menolak usulan itu.

Semenjak dibentuknya Polri belum pernah ada usulan penghapusan tanggungjawab yang melekat dalam Institusi bhayangkara itu, kendati rencana hanya sebatas pada tingkat Polisi Sektor (Polsek).

Mahfud MD beralasan jika Polsek doyan menerapkan pasal pidana dalam target penanganan perkara di tingkat kecamatan, sementara kasus yang ingin ditangani terkadang bersifat ringan dan bisa diselesaikan melalui mekanisme restorative justice atau pendekatan kemasyarakatan.

Namun demikian, usulan kebijakan itu belum mendapat kritikan dari pihak pemerhati institusi Kepolisian, hatta dari lembaga polisi itu sendiri. Pasalnya, usulan tersebut jika diberlakukan, dinilai merupakan langkah kemajuan untuk membenahi institusi Kepolisian untuk menuju cita-cita Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter).

Hal itu diungkapkan oleh presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane yang menyebut gagasan tersebut sangatlah ideal bagi Kepolisian. Menurutnya, usulan itu justru sangat membantu polisi maupun masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil di mana kantor Polsek sangat jauh.

"Dengan demikian Polisi hanya menangani kasus-kasus pelik dan besar dan semua itu hanya bisa ditangani di Polres maupun Polda. Sedangkan Polsek lebih diarahkan pada deteksi dini dan antisipasi serta pembinaan keamanan masyarakat," katanya kepada TeropongSenayan, Kamis (20/2/2020).

Senada dengan Mahfud, Neta juga beralasan jika kasus-kasus kecil, semisal pertikaian antar tetangga, anak tetangga mencuri sendal, dan lain-lain cukup diselesaikan lewat restorative justice saja, tak perlu Polsek kerepotan menangani hal itu hingga menerapkan pidana bagi yang bersangkutan.

"Polsek cukup memanggil kedua belah pihak dan mendamaikannya secara kekeluargaan lewat restilorative justice," ujarnya

Hal itu bertujuan, kata Neta, agar penanganan kasus kecil tidak berlarut-larut dan bisa cepat diselesaikan hingga kedua belah pihak bisa segera mendapatkan kepastian hukum dan rasa keadilan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Namun, gagasan itu akan berbenturan jika dari Kepolisian sendiri belum siap mengahadapinya. "Persoalannya apakah mental aparatur kepolisian di jajaran bawah sudah siap, apakah jajaran bawah Kepolisian, terutama di Polsek sudah benar-benar promoter," ucap Neta.

Neta menjelaskan, tanpa adanya mentalitas yang mumpuni dari Polisi sendiri, serta tanpa sikap yang benar-benar Promoter, restorative justica sulit untuk diterapkan.

"Apalagi jika prinsip "jika bisa dipersulit kenapa harus dipermudah" masih bercokol kuat di lingkungan oknum kepolisian, sehingga orientasinya tidak lagi promoter, tapi mencari kesempatan atau peluang di antara anggota masyarakat berkonflik. Inilah tantangan terberat gagasan restorative justice," tutup Neta.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jendral Raden Argo Yuwono kepada TeropongSenayan mengatakan, Institusi Kepolisian tak memandang usulan Menkopolhukam itu sebagai hal yang buruk. Polri, kata dia, mendukung kebijakan Pemerintah tersebut kendati masih berupa usulan.

"Kan baru usulan, tapi tentunya polri menyambut baik setiap usulan yang ditujukan untuk perbaikan kinerja Polri. Tentunya usulan ini akan dikaji yang lebih mendalam, dan hingga saat ini polri berpedoman pada undang-undang Kepolisian ygan berlaku dalam melaksanakan tugas," ujarnya. (Al)

tag: #polri  #mahfudmd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...