Oleh Sahlan_ake pada hari Thursday, 27 Feb 2020 - 18:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Yahya Zaini: RUU Omnibus Law Tak Merugikan Para Buruh

tscom_news_photo_1582816583.jpg
Yahya Zaini Fraksi Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politikus Partai Golkar Yahya Zaini mengatakan, bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja sebenarnya sangat menguntungkan para buruh. Ia menyakinkan tidak ada niatan pemerintah dalam Omnibus Law ini merugikan para buruh di tanah air.

"Jadi jangan dikaitkan ini hanya mau menguntungkan investor, tidak. Ini diciptakan untuk menguntungkan buruh," kata Yahya Zaini saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ia mengambil contoh salah satu poin didalam RUU Omnibus Law soal mengenai asuransi (unemployment benefit) dari BP Jamsostek.

Yahya menjelaskan tambahan tersebut pada bagian ketiga tentang Jenis Program Jaminan Sosial. Pemerintah mengubah beberapa ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Pada Pasal 18 UU Jaminan Sosial Nasional, Jokowi menambahkan jaminan kehilangan pekerjaan pada poin F. Dengan demikian, terdapat enam jaminan sosial yang diberikan pemerintah dari sebelumnya lima jaminan sosial.

Keenam jaminan sosial yang dimaksud meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kematian, dan jaminan kehilangan pekerjaan.

"Ini adalah jaminan baru dari BPJS Ketenagakerjaan dan ini bukan menggantikan PHK pesangon, formulasi pesangon tetap ada," kata ia.

Anggota Komisi IX ini juga menilai masih adanya pro dan kontra mengenai UU ini hal yang wajar. Pasalnya, masih banyak masyarakat belum mengetahui secara utuh isi dari UU yang sudah diserahkan ke DPR itu.

Yahya juga mengatakan, bahwa Fraksi Golkar akan terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap Omnibus Law.

"Fraksi Golkar akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan membuka posko pengaduan untuk masyarakat yang ingin memberikan masukan," tegasnya. (Al)

tag: #partai-golkar  #omnisbulaw  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Ditemukan Varian Baru Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Diminta Ditunda

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 20 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Niatan untuk menggelar kembali pembelajaran secara tatap muka di sekolah diapresiasi oleh Wakil Ketua MPR Dr. H. Jazilul Fawaid.  “Meski kapasitas siswa yang ...
Berita

Kasus Positif di Yogya Semakin Serius, Ribuan Orang Dilarang Masuk Kawasan Wisata Bantul

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ribuan wisatawan yang berniat berkunjung ke Bantul harus kecewa karena dipaksa putar balik oleh tim gabungan antara Satpol PP dengan Dinas Perhubungan TNI dan Polri yang ...