Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 26 Mei 2015 - 17:47:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Ini Siap Tampung Pengungsi Rohingya di Pesantren

89Kholilurrahman.jpg
Anggota Komisi VI DPR RI Khalilurrahman (Sumber foto : ISTIMEWA)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gelombang pelarian etnis Rohingya membuat mereka menjadikan Indonesia sebagai tempat mencari suaka sementara. Mereka terusir dari negaranya sebagai korban kekerasan politik oleh penguasa setempat.

Anggota Komisi VI DPR RI Khalilurrahman mengatakan gelombang kedatangan pengungsi ke Indonesia dapat menjadi beban bagi pemerintah. Demi membantu meringankan pemerintah, Fraksi PKB siap membantu menampung para imigran Rohingya tersebut.

"Kami dari fraksi PKB siap membantu pemerintah untuk menampung para pengungsi Rohingya.‎ Sejumlah pesantren-pesantren antusias untuk menampung mereka. Kita juga di Madura, ada beberapa pesantren yang sudah menyampaikan kesiapannya, termasuk di pondok pesantren saya sendiri," ujar anggota dewan dari dapil Madura yang sekaligus menjadi pengasuh pondok pesantren Matsratul Huda ini, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (26/5/2015).

Tidak hanya itu, Ketua DPC PKB Pamekasan ini juga telah menyiapkan sejumlah sarana dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi nanti di pesantrennya.

"Terutama terkait living coast, ‎pendidikan dan tenaga ahli pemulihan trauma. Ini akan kita lakukan secara bersama-sama, dan dapat mengajak para donatur semisal dari partisipasi pengusaha lokal dan pemerintah daerah di Madura. Juga sejumlah anggota DPRD dari fraksi PKB itu sendiri.

Selain itu, Khalilurrahman juga menekankan supaya‎ pemerintah dapat melakukan komunikasi bilateral dengan pihak otoritas pemerintah negara asal pengungsi.

"Dari upaya itu, diharapkan menghasilkan langkah-langkah dan solusi dari kedua negara dalam menentukan penyelesaian pengungsi Rohingya," tutupnya. (ai)

tag: #Rohingya  #pengungsi  #pesantren  #DPR  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...