Berita
Oleh Rihad pada hari Monday, 16 Mar 2020 - 14:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sejumlah Menteri Yang Mengaku Negatif Corona

tscom_news_photo_1584343111.jpg
Rapat Kabinet (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pihak Istana Kepresidenan telah memerintahkan untuk melacak para menteri yang sempat berkontak dengan pasien positif Corona. Keputusan ini menyusul salah satu anggota kabinet, Menteri Perhubungan Budi Karya dinyatakan positif COVID-19.

"Presiden Joko Widodo tentunya sesuai protokol kesehatan penanganan Corona, sudah tentu concern dengan protokol yang ada dimana jika ada yang terkena maka harus ditracing dan dites kesehatannya," kata Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP Dany Amrul Ichdan, Sabtu (14/3/2020).

Bagaimana kondisi kesehatan para menteri setelah diperiksa?

Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir telah melakukan tes corona pada Minggu (15/3/2020). Seperti diketahui sebelumnya Erick Thohir sempat bertemu Budi Karya pada rapat terbatas "Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Sumatera Utara" di Kantor Presiden, Rabu 11 Maret 2020.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti sejumlah menteri. Hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono. "Saya duduk di seberang Pak Budi Karya," kata Erick.

Sejauh ini, Erick dinyatakan bebas Corona.

Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikabarkan dalam keadaan sehat sekaligus membantah telah terpapar virus corona. "Saat ini (Menteri Basuki) sedang berada di rumah dinas, dan inshaa Allah pak Menteri berada dalam keadaan sehat walafiat," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja melalui pesan singkatnya, Minggu (15/03/2020).

Sebelumnya sempat beredar kabar kalau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang dikarantina terkait virus corona sesaat setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terkena virus corona.

Seperti yang diketahui beberapa hari sebelumnya, keduanya sempat melakukan peninjauan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil juga melakukan tes virus corona. Berdasarkan hasil pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto, Sofyan negatif covid-19.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR Yulia Jaya Nirmawati menuturkan Sofyan melakukan uji medis dilakukan pada Sabtu (14/3). "Kami informasikan bahwa pak Menteri ATR sudah cek di RSPAD dan hasilnya negatif," ujarnya, Minggu (15/3).

Kondisi Sofyan dipertanyakan usai kabar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif. Dalam foto beredar, rapat terbatas beberapa hari terakhir, Sofyan duduk berdampingan dengan Budi Karya.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun menjadi pertanyaan karena pernah rapat bersama Budi Karya. "Saya, alhamdulillah tetap sehat dan terus melakukan tugas sebagai Menkeu secara penuh," kata Sri Mulyani melalui akun Instagram dan Facebooknya, Ahad, 15 Maret 2020.

Sri Mulyani tetap bekerja penuh melakukan rapat koordinasi melalui konferensi video dengan jajaran Kemenkeu. Mereka merumuskan kebijakan dan langkah-langkah untuk mengalokasikan Anggaran Pendapat dan Belanja Negara atau APBN dan keuangan negara demi menangani penyebaran virus Corona. "Rapat dengan video untuk mengurangi potensi penularan virus COVID-19, tapi tetap efektif dalam merumuskan kebijakan dan melaksanakan tugas Kemenkeu," tutur dia.

Tito Karnavian

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama istri Tri Suswati sempat dikabarkan menjadi pasien terdampak Corona atau COVID-19. Namun, kabar itu dibantah. "Minggu pagi, Mendagri Tito mengirimkan foto santai bersama istri tercinta Tri Suswati Karnavian yang sedang melakukan olahraga pagi atau jogging di sebuah kawasan asri dan hijau. Kedua pasangan itu tampak mesra bergandeng tangan dengan memakai baju olah raga," kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga, dalam keterangannya, Minggu (15/3/2020).

"Kedua pasangan ini malah memiliki hobi yang sama yaitu menyelam dan keduanya sudah dikenal luas di komunitas diving secara internasional. Dan keduanya mengantongi sertifikat penyelam ahli," ungkap Kastorius.

Suharso Monoarfa

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa diambil sampel darahnya pada Minggu (15/3), di Bali untuk dilakukan pengujian sebagai upaya antisipatif dan preventif terhadap virus corona.

Suharso dinyatakan sehat tanpa menunjukkan gejala dari virus corona atau COVID-19. “Menteri PPN/Kepala Bappenas menyambut baik perhatian dan doa atas kondisi kesehatannya namun kurang tepat jika dikatakan bahwa diduga terpapar COVID-19 dan sedang mengisolasi diri,” kata Biro Humas dan TU Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Tak hanya itu, Suharso juga telah mempraktikkan disiplin diri sebagai upaya mengantisipasi seperti menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas asupan gizi, mengkonsumsi suplemen dan vitamin, serta menjaga higienitas diri dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.


tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Jawa Tengah Siapkan Skenario Arus Mudik Nekad yang Bisa Capai 4,6 Juta Orang

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan keputusan pelarangan mudik dari pemerintah pusat sudah tepat. Sebab, dari pengalaman sebelumnya selalu terjadi lonjakan ...
Berita

Himbauan Kemenkes tentang Tata Cara Tarawih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Meski pemerintah membolehkan shalat tarawih, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat. "Diimbau tidak membawa anak berusia di bawah 10 tahun Atau untuk ...