Oleh Muslim Arbi - Direktur Gerakan Perubahan (GarpU) pada hari Sabtu, 21 Mar 2020 - 10:02:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Rakyat Sudah Tidak Percaya Jokowi

tscom_news_photo_1584759727.jpg
(Sumber foto : )

Kata Presiden Joko Widodo, ia telah membeli dua juta obat untuk mengatasi virus Corona. Sontak rakyat pun bereaksi. "Jangan percaya tukang bohong" itu yang terekam di berbagai Grup WA. Rakyat sudah tidak percaya Jokowi.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk bersatu hadapi wabah Corona. Tapi di medsos, lelaki asal Solo itu malah dicemooh. Siapa yang mau diajak Jokowi. Itu terekam di berbagai percakapan medsos.

Padahal pada situasi saat ini, seorang pimpinan tertinggi negara sangat butuh kepercayaan rakyat. Jika rakyat tidak percaya, sudah sangat sulit Jokowi sebagai Presiden melanjutkan pemerintahannya. Bahkan sejumlah video beredar soal desakan mundur terhadap Jokowi tersebar luas. "Mundur lebih cepat lebih baik".

Kata mundur dan cepat mundur yang viral dalam bentuk video pasti sangat berpengaruh di masyarakat. Itu menunjukkan "Public Trust" sudah sangat rendah.

Jatuhnya nilai saham di bursa dan melemahnya rupiah yang tembus di atas Rp 16.000 per dolar mengingatkan publik akan krisis yang lebih parah dari tahun 1998.

Penanganan wabah Corona yang gagap dan tidak cepat bertindak dan ambil keputusan oleh Jokowi juga menambah kepercayaan publik di titik nadir.

Tidak tampilnya Jokowi di publik untuk menjelaskan persoalan yang dihadapi oleh Bangsa dan Negara saat ini dikritik oleh anggota DPR Gerindra, Fadli Zon. "Presiden kenapa tidak tampil ke publik untuk bicarakan persoalan yang dihadapi negara saat ini". Kenapa Presiden diam?

Jatuhnya kepercayaan publik itu diperkuat lagi dengan perbincangan tentang Capres pada 2024. Padahal baru 6 bulan Jokowi di periode ke 2 pemerintahan. Wacana Capres 2024 ini juga men-downgrade Jokowi yang baru seumur jagung usia kekuasaannya. Elit dan rakyat sudah tidak percaya kemampuan Jokowi untuk menyelesaikan masa pemerintahan yang masih sisa 4 tahun 6 bulan lagi. Rakyat seakan ingin ganti presiden hari ini.

Maka wajar kalau jatuhnya public trust yang berkembang di masyarakat akibat kemampuan Jokowi dan kabinetnya menghadapi dan menyelesaikan problem yang dihadapi Bangsa dan Negara hari ini.

Maka sebaiknya Jokowi dan Kabinet nya mundur lebih terhormat daripada keadaan semakin tidak terkendali.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #kinerja-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...