Oleh Rihad pada hari Friday, 03 Apr 2020 - 08:29:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Karena Corona, PBB Perkirakan Ekonomi Susut 0,9 Persen Tahun Ini, Kemiskinan Bertambah

tscom_news_photo_1585878769.jpg
Pasar tradisional (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Akibat wabah Corona, ekonomi global diperkirakan menyusut 0,9 persen tahun ini. Pertumbuhan bisa lebih kecil lagi respons fiskal gagal mendukung pendapatan dan pengeluaran konsumen. Demikian menurut briefing baru yang dikeluarkan oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, Kamis (2/4/2020).

Tumbuhnya pembatasan pergerakan orang dan Lockdown di Eropa dan Amerika Utara memukul sektor jasa, terutama industri yang melibatkan interaksi fisik seperti perdagangan ritel, rekreasi dan perhotelan, rekreasi dan layanan transportasi. Padahal secara kolektif, mereka menyumbang lebih dari seperempat dari semua pekerjaan di ekonomi ini. Ketika bisnis kehilangan pendapatan, pengangguran cenderung meningkat tajam.

Beratnya dampak ekonomi akan sangat tergantung pada lamanya pembatasan pergerakan orang dan kegiatan ekonomi di negara-negara besar. Kebijakan stimulus ekonomi untuk mengatasi wabah ini juga berperan besar apakah ekonomi akan secara pulih atau berkepanjangan.

Kebijakan negara yang memprioritaskan pengeluaran kesehatan untuk menahan penyebaran virus dan memberikan dukungan pendapatan kepada rumah tangga yang paling terkena dampak pandemi ini akan membantu meminimalkan kemungkinan resesi ekonomi yang mendalam.

“Diperlukan kebijakan berani, tidak hanya untuk menahan pandemi dan menyelamatkan nyawa, tetapi juga untuk melindungi yang paling rentan di masyarakat dari kehancuran ekonomi,” tegas Liu Zhenmin, Wakil Sekretaris Umum untuk Urusan Ekonomi dan Sosial.

Dampak buruk dari pembatasan berkepanjangan pada kegiatan ekonomi di negara maju akan menyebar ke negara-negara berkembang melalui jalur perdagangan dan investasi. Penurunan tajam dalam pengeluaran konsumen di Uni Eropa dan Amerika Serikat akan mengurangi impor barang-barang konsumsi dari negara-negara berkembang. Selain itu, produksi manufaktur global dapat berkontraksi secara signifikan, di tengah kemungkinan gangguan yang berkepanjangan pada rantai pasokan global.

Dalam skenario terburuk, PDB global dapat menyusut 0,9 persen di tahun 2020, padahal proyeksi semula tumbuh 2,5 persen. Sebagai perbandingan, ekonomi dunia mengalami kontraksi sebesar 1,7 persen selama krisis keuangan global tahun 2009.

Negara-negara berkembang, terutama yang bergantung pada pariwisata dan ekspor komoditas, menghadapi risiko ekonomi yang meningkat. Perhentian kedatangan wisatawan yang tiba-tiba akan merusak sektor pariwisata di negara berkembang pulau kecil (SIDS) yang mempekerjakan jutaan pekerja berketerampilan rendah. Dan penurunan pendapatan terkait komoditas dan pembalikan aliran modal meningkatkan kemungkinan tekanan utang bagi banyak negara yang bergantung pada komoditas.

Pemerintah mungkin terpaksa membatasi pengeluaran publik pada saat mereka perlu meningkatkan pengeluaran untuk menahan pandemi dan mendukung konsumsi dan investasi.

Tingkatkan Kemiskinan

Pandemi ini secara tidak proporsional melukai jutaan pekerja berupah rendah di sektor jasa, yang sering kali tidak memiliki perlindungan tenaga kerja dan bekerja dalam kedekatan fisik dengan orang lain. Tanpa dukungan pendapatan yang memadai, banyak yang akan jatuh ke dalam kemiskinan. Di sebagian besar negara maju, memperburuk tingkat ketimpangan pendapatan yang sudah tinggi.

Laporan tersebut menemukan bahwa ketika pandemi COVID-19 memburuk, kecemasan ekonomi yang mendalam. Di Italia dan Spanyol yang terpukul keras, misalnya, masing-masing diperkirakan 27 persen dan 40 persen, tidak memiliki cukup tabungan untuk bertahan hidup lebih dari tiga bulan tanpa bekerja.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement