Oleh Rihad pada hari Monday, 13 Apr 2020 - 08:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

PSBB Dimulai Rabu di Bodebek, Ridwan: Tak Boleh Ada Warga Kelaparan

tscom_news_photo_1586740440.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor, kota Bogor, Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek) akan dimulai Rabu (15/4/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan ada tujuh sumber bantuan yang diberikan pemerintah kepada warga yang terdampak di lima wilayah di Jabar. Tujuh sumber bantuan itu berupa PKH, Kartu Sembako, kartu Pra Kerja untuk pengangguran dan yang kena PHK, Bansos Rp 600 ribu x 3 bulan, dana desa, dana sosial dari provinsi Rp500 ribu x 4 bulan. "Kalau masih kurang akan diberikan oleh dana sosial dari kota kabupaten di lima wilayah," katanya.

Jabar juga menghadirkan gerakan nasi bungkus. "Dari sisi bantuan, Jawa Barat akan menghadirkan gerakan nasi bungkus atau disingkat "Gasibu"," ucap Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menjelaskan gerakan ini guna mengantisipasi warga yang tidak terdata atau terlewat mendapatkan bantuan dari 7 sumber bantuan. Dapur umum akan disediakan di tiap kelurahan di lima wilayah tersebut.

"Gerakan nasi bungkus ini adalah jika bantuan sosial yang jumlahnya tujuh masih ada yang terlewat, masih ada orang lapar di jalan, di RW-RW minimal perutnya tidak kosong akan ada dapur umum di kelurahan-kelurahan di lima wilayah yang akan membagikan nasi bungkus kepada mereka yang kelaparan," tuturnya

"Jadi para RT/RW saya imbau untuk segera melakukan kajian ulang, survei ulang jangan sampai ada perantau karena alasan tidak ber KTP di sana tidak dihitung sebagai yang dibantu. Selama ekonominya memang susah dan perlu bantuan itu perlu kita bantu. Tidak boleh ada orang warga Indonesia yang kelaparan di tanah Jawa Barat siapapun itu Insya Allah kami bantu," katanya.

"Bantuan itu datangnya bervariasi waktunya. Bantuan dari Provinsi Insya Allah di Rabu-Kamis saat diberlakukan PSBB bantuan sembako logistik dan tunai sudah bisa dikirimkan di daerah Bodebek menyusul seminggu kemudian menurut laporan bantuan dari pemerintah pusat. Itu juga akan didistribusikan," katanya.

Kang Emil juga mengajak agar warga saling bahu membahu selama PSBB. Masyarakat yang mampu bisa ikut membantu terhadap warga yang tidak mendapatkan bantuan.

tag: #psbb  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Polri Ajak Jajara Humas Mengkonter Isu Negatif

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 20 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Polri mengajak jajaran humas instansi pemerintah yang tergabung dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) untuk turut serta memaksimalkan fungsi ...
Berita

Puan: Penundaan Pilkada Bisa Perlambat Kinerja Pemda Tangani Covid-19

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak lebih penting dilaksanakan untuk menguatkan penanganan pandemi Covid-19. Dia menegaskan, pada masa ...