Oleh Rihad pada hari Selasa, 14 Apr 2020 - 07:35:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Status Bencana Nasional Berlaku, Aceh Justru Tak Memiliki Pasien Positif Covid 19.

tscom_news_photo_1586824472.jpg
Ilustrasi kamar pasien corona (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Presiden Joko Widodo telah menetapkan wabah virus Corona sebagai Bencana Nasional. Hal itu dinyatakan Presiden melalui Penetapan ini dilakukan lewat penerbitan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional. Keppres itu diteken Jokowi pada Senin (13/4/2020) dan telah diunggah di situs web resmi Setneg.go.id.

Meski demikian, tingkat kegawatan di setiap daerah berbeda beda. Lihat saja, di Aceh kondisinya relatif lebih ringan dibandingkan daerah lainnya. Satu pasien Covid-19 berinisial AJ yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin di kota Banda Aceh dinyatakan sembuh. Kabar ini menambah catatan pasien sembuh di Tanah Rencong menjadi empat pasien sehingga kini tidak ada lagi pasien yang dinyatakan terinfeksi virus corona.

Sebelumnya, data kasus positif virus corona di Aceh sebanyak 5 orang dengan 4 pasien sembuh dan 1 lainnya meninggal dunia usai dikonfirmasikan positif.

"Iya sudah negatif (pasien) AJ, sore ini (kemarin) baru kita terima hasil," ujar Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin, dr. Endang Mutiawati kepada Antara pada Minggu, 12 April 2020 di Banda Aceh.

Hasil tersebut didapatkan usai hasil pemeriksaan sampel lendir (swab) tenggorokan yang keempat pasien Covid-19 tersebut dinyatakan negatif setelah dikirimkan oleh laboratorium PIC Balitbangkes Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Menurut dokter Endang, imunitas pasien telat tumbuh ketimbang pasien positif Covid-19 di Aceh lainnya yang telah terlebih dahulu dinyatakan sembuh.

Lantaran riwayat penyakit lainnya yang dimiliki AJ membuat ia harus menunggu hingga hasil tes swab keempat keluar.

Dengan sembuhnya AJ, menurut dokter Endang, tidak ada lagi pasien terkait Covid-19 di ruang respiratory intensive care unit (RICU), tersisa satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi biasa.

"Satu lagi (PDP) ini, sedang menunggu hasil swab juga. Alhamdulillah hari ini belum ada yang bertambah positif Covid-19 di Aceh," katanya.

Hingga Minggu, 12 April 2020, kasus positif di Indonesia bertambah menjadi 4.241 dengan pertambahan 399 pasien. 2 provinsi terakhir yang mengabarkan kasus positifnya adalah Nusa Tenggara Timur dan Gorontalo.

tag: #corona  #psbb  #aceh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Tak Sesuai Dengan Beberapa UU, TB Hasanuddin Desak Pemerintah Cabut PP 57/2021 Tentang SNP

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 16 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengecam terbitnya Pemerintah (PP) No 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam PP ini ...
Berita

Larangan Mudik, Doni Monardo: Jangan Ada Yang Keberatan Agar Tidak Menyesal

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo tak hentinya mengingatkan kembali ...