Oleh Sahlan Ake pada hari Monday, 20 Apr 2020 - 23:25:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Resmi, Khofifah Kirim Surat Permohonan PSBB Untuk Tiga Wilayah ke Menkes

tscom_news_photo_1587397027.jpg
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah mengirim surat permohonan penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya Raya ke Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

"Surabaya Raya meliputi tiga daerah, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Surat sudah kami kirimkan dan sekarang menunggu keputusannya," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (20/4/2020).

Menurut dia, Kota Surabaya menjadi episentrum penyebaran COVID-19 di Jatim, sedangkan Sidoarjo dan Gresik merupakan wilayah penyangga Surabaya, bahkan mengalami tren kenaikan pasien positif lantaran memiliki pola interaksi kewilayahan sangat erat.

PSBB di tiga daerah tersebut telah sesuai kesepakatan dan hasil Rapat koordinasi yang melibatkan pejabat Forkopimda Jatim maupun Forkopimda dari tiga daerah pada Minggu (19/4).

Dalam rakor tersebut juga dibahas tentang pasokan logisik, sarana kesehatan dan jaminan sosial saat PSBB diterapkan, termasuk menyediakan jaring pengaman sosial yakni bantuan sosial (bansos).

Gubernur Khofifah juga telah berkoordinasi dengan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat Doni Monardo dan mengaku mendapatkan "lampu hijau" untuk dilanjutkan.

"Jika PSBB Jatim ini berjalan baik maka penanganan pandemik COVID-19 menjadi lebih terintegrasi dan memudahkan pemerintah dalam mengendalikannya," katanya.

Surat Gubernur Jatim ke Menkes bernomor 188/1409/013.1/2020 dilengkapi beberapa lampiran tentang kajian PSBB yang di dalamnya terdapat data pendukung sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Lampiran kajiannya, yakni berupa peningkatan jumlah kasus menurut waktu, penyebaran kasus menurut waktu, kejadian transmisi lokaldan kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial dan aspek keamanan. (Antara)

tag: #khofifah  #jatim  #psbb  #virus-corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement