Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 27 Apr 2020 - 15:10:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur Agar Kamu Tetap Berenergi Selama Puasa

tscom_news_photo_1587971132.jpg
Telur, salah satu makanan yang dapat memberikan energi banyak saat berpuasa (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Awal-awal berpuasa, setiap orang akan merasakan penurunan stamina tubuh. Terlebih bagi mereka yang tidak biasa melakukan puasa sunah di luar bulan Ramadan, puasa sebulan dalam satu tahun pasti sangat membuat tubuh kita kaget.

Untuk menjaga energi agar bisa tetap melakukan kegiatan sehari-sehari, memilih jenis makanan yang tepat saat sahur penting sekali guna memberi kita energi dan agar tetap kuat selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Makanan berikut cenderung mudah ditemukan dalam keseharian kita. Apa saja?

Dilansir dariGulf News, berikut ini beberapa di antaranya makanan yang direkomendasikan saat sahur:

1. Alpukat

Siapa yang tidak kenal buah lonjong berwarna hijau ini. Alpukat sering kali dijadikan jus karena memiliki serat yang tinggi. Buah yang sangat bernutrisi ini harus menjadi perhatian saat sahur. Alpukat juga menambah tekstur dan rasa yang kaya pada hidangan apa pun.

Buah ini tinggi kandungan seratnya, yang bisa berkontribusi besar dalam penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Manfaat lainnya, membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari.

Makanan ini tinggi serat dan biji-bijian yang berkontribusi untuk diet yang sehat dan mengurangi rasa lapar di hari-hari Ramadhan yang panjang.

2. Selai kacang

Selai kacang tinggi protein dan membuat Anda merasa kenyang. Minyak sehat dalam selai kacang membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Selai kacang juga penuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

3. Telur

Telur menjadi salah satu makanan paling bergizi di planet ini dan sangat tinggi protein. Konsumsi telur cara terbaik untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Cobalah telur orak-arik dengan bayam yang dibungkus tortilla gandum utuh untuk sahur Anda atau kreasikan menu telur sesuai selera Anda. Untuk pilihan, kamu bisa mengkonsumsi telur ayam negeri maupun ayam kampung.


TEROPONG JUGA:

>Wabah Korona, Momen "Menerangi Rumah" dengan Ibadah di Bulan Suci

>Ini Penjelasan Imam Besar Istiqlal Soal Anjuran Nabi Ibadah di Masa Bencana


4. Salmon asap

Salmon menjadi bagian penting dari diet yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral, asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial untuk fungsi otak yang sehat.

5. Greek yogurt

Makanan ini memiliki mengandung protein bahan yang sempurna untuk mempersiapkan puasa.

Greek yogurt juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Sedikit protein tambahan itulah yang akan membantu Anda merasa kenyang. Greek yogurt juga rendah karbohidrat dan juga membantu mengurangi rasa haus.

6. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman ini sudah ada sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini adalah tanaman asli daerah region Andean Peru, Ekuador, Bolivia, dan Kolombia.

Makanan ini bebas gluten, tinggi protein dan memiliki semua asam amino esensial. Fleksibilitasnya juga sangat bagus, karena cocok dengan banyak bahan lainnya, memungkinkan Anda untuk berbagai situasi, dan yang terpenting, membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama.

tag: #ramadhan  #puasa  #ragam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...