Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 29 Apr 2020 - 22:04:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Kasus COVID Berkurang, Thailand  Longgarkan Pembatasan Sosial

tscom_news_photo_1588172666.jpg
Suasana pasar di Bangkok (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Kabar gembira datang buat warga atau orang yang sedang berada di Bangkok, Thailand. Mulai Kamis (30/4/2020), pemerintah Metropolitan Bangkok melonggarkan langkah-langkah pengendalian COVID-19.

Ini lantaran jumlah kenaikan kasus COVID-19 di negeri Gajah itu mulai berkurang. Angka terakhir yang masuk adalah 2.947 kasus positif COVID-19. Kemudian yang meninggal dunia hanya 54 orang dan yang sudah sembuh sebanyak 2.665 orang. Ini berarti yang masih dalam perawatan 228 orang.

Dalam situs channelnewsasia.com (29/4/2020), juru bicaranya Pongsakorn Kwanmuang mengatakan delapan jenis tempat akan diizinkan untuk melanjutkan operasi, termasuk restoran di luar department store dan supermarket, taman umum dan pribadi, salon rambut dan pangkas rambut, lapangan golf dan driving range serta tempat olahraga untuk berlari, tenis dan bulu tangkis.

Pasar, klinik, dan bisnis perawatan hewan peliharaan juga ada dalam daftar.

"Tanggal pembukaan akan sesuai dengan yang akan diumumkan Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand dalam satu atau dua hari," kata Pongsakorn dalam konferensi pers.

Namun begitu ada peraturan yang harus diikuti dan ditaati. Di restoran, misalnya, pemeriksaan suhu tubuh akan diperlukan sebelum masuk. Tidak ada konsumsi alkohol atau live band yang diizinkan.

Toilet perlu dibersihkan setiap jam sementara meja dan kursi harus didesinfeksi setiap kali setelah digunakan. Restoran-restoran ber-AC harus membuka pintu dan jendelanya setiap dua jam untuk pembersihan dan ventilasi.

"Pegawai restoran harus mengikat rambut mereka dan memakai sarung tangan, topi, celemek, masker wajah dan pelindung wajah. Setiap karyawan merasa tidak sehat, demam, batuk atau memiliki suhu tubuh 37,5 derajat Celcius atau lebih tinggi harus berhenti bekerja dan pergi ke dokter," ujar Pongsakorn.

Namun sayangnya, restoran di dalam mal tidak termasuk dalam relaksasi parsial.

Untuk salon rambut dan pemangkas rambut, hanya potongan, sampo, dan rambut kering yang diizinkan.

Pelanggan akan diminta untuk membuat reservasi terlebih dahulu karena antrian tidak akan diizinkan di tempat. Desinfeksi peralatan harus dilakukan setelah setiap kali digunakan. Setiap layanan salon hanya diijinkan selama dua jam sebelum istirahat pembersihan setidaknya 20 menit.

Pongsakorn juga mengatakan mereka dapat digunakan untuk latihan yang tidak memerlukan pertemuan sosial seperti berlari dan bersepedadi taman. Sedangkan sepak bola, bola basket, tarian aerobik, atau latihan tai chi tidak akan diizinkan karena potensi risiko infeksi.

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan setelah presser, BMA mengatakan jarak fisik 2m diperlukan di tempat-tempat ini.

tag: #covid-19  #lockdown  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement