Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 12 Mei 2020 - 21:43:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Gegara Menaikkan Usia Pensiun Jaksa, Abe Dikritik Para Selebritis

tscom_news_photo_1589294602.jpg
Shinzo Abe (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Perdana Menteri Shinzo Abe mengeluarkan kebijakan dengan menaikkan usia pensiun jaksa. Karuan kebijakan itu dikritik abis dari para selebritis dan pengritiklain.

Mereka menilai langkah Abe tidak demokratis dan tak tepat waktu di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah bencana coronavirus, kita harus fokus pada kehidupan orang," kata direktur terkenal Amon Miyamoto di Twitter di salah satu media yang mengatakan lebih dari 4,7 juta pesan serupa.

"Memutuskan secara paksa undang-undang yang jelas-jelas bercerai dari demokrasi adalah tragedi bagi Jepang."

Parlemen akan membahas apakah akan menaikkan usia pensiun jaksa menjadi 65, dari 63, kecuali jaksa tinggi, dengan persetujuan kabinet.

"Tolong jangan mendistorsi hukum dan politik untuk perlindungan Anda sendiri," kata aktor Arata Iura di Twitter. "Tolong jangan hancurkan negara ini."

Kemarahan publik bertambah setelah sebelumnya masyarakat menilau Abe lamban dalam menangani COVID. Akibatnya ketidakpercayaan masyarakat pun meningkat lewat hasil polling yang digelar.

Dalam survei yang diterbitkan di Koran Nikkei, menunjukkan baha 55% responden tidak setuju pada penanganan pemerintah. Ini naik 11 poin dibandingkan jajak pendapat sebelumnya. Meski begitu dukungan terhadapnya tetap 49%.

Terhadap kritikan tersebut, Abe membela. Abe mengatakan hal itu sejalan dengan perubahan yang terjadi pada pegawai negeri lain yang bertujuan untuk memanfaatkan sepenuhnya pengalaman dan pengetahuan yang banyak dari para pejabat yang lebih tua.

"Adalah salah jika ada yang berpendapat bahwa (undang-undang yang direvisi) akan mengarah pada keputusan personel yang sewenang-wenang oleh kabinet," tegas Abe.

tag: #jepang  #covid-19  #kejaksaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...