Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 14 Mei 2020 - 15:49:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Tarif Iuran BPJS Kesehatan Naik, AHY Kritik Pemerintah Harus Prioritaskan Kesehatan

tscom_news_photo_1589445079.jpg
Agus Harimurti Yudhoyono (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan kalau pemerintah harus bisa memprioritaskan sektor kesehatan ditengah pandemi corona.

Pasalnya, dengan kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk menaikan Tarif iuran BPJS membuat derita yang dialami masyarakat kian bertumpuk.

Di saat sedang kehilangan pekerjaan akibat wabah Corona rakyat justru harus dicekik dengan iuran BPJS Kesehatan yang dinaikkan pemerintah melalui Perpres 64/2020 tentang Jaminan Kesehatan.

"Masyarakat ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga pula," kata AHY melalui cuitan akun Twitter pribadinya, Kamis (14/05/2020).

AHY menuturkan kalau saat ini pemerintah seharusnya bisa merealokasikan anggaran pembangunan infrastruktur yang belum mendesak untuk menutupi defisit Rp 20 triliun yang dialami BPJS Kesehatan.

Menurutnya kenaikan iuran hanya salah satu dari sekian cara untuk mengurangi defisit. Cara lainnya yang dapat dilakukan agar menghindari defisit yakni membenahi tata kelola BPJS Kesehatan.

"Audit peserta BPJS perlu dievaluasi agar masyarakat yang paling membutuhkan bisa diprioritaskan untuk mendapatkan manfaatnya," tuturnya.

Putera Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini menyebutkan kalau pemerintah melalui BPJS kesehatan harus bisa menjaga kualitas kesehatan masyarakat ditengah pandemi corona.

"BPJS Kesehatan dibuat agar negara hadir dalam menjaga kualitas kesehatan rakyat. Terutama di tengah krisis kesehatan dan tekanan ekonomi saat ini. Kita harus prioritaskan jaminan kesehatan untuk masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan dengan mengeluarkan Perpres 64/2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan.

tag: #ahy  #bpjs-kesehatan  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement