Berita
Oleh Alfin Pulungan pada hari Thursday, 21 Mei 2020 - 12:50:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Rapat Panja RUU Omnibus Law, PKS Tegaskan Oposisi Seutuhnya

tscom_news_photo_1590035611.jpg
Rapat virtual Baleg DPR membahas panja RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Rabu (20/5) (Sumber foto : Dok. Anis Byarwati)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan akan terus mengawal pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Cipta Kerja di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Untuk itu, dalam setiap proses penggodokan RUU ini di DPR, PKS menegaskan akan tetap menjadi partai oposisi agar pembahasan tidak berjalan monolog.

Demikian disampaikan anggota Baleg dari fraksi PKS, Anis Byarwati, dalam rapat panitia kerja (Panja) RUU Cipta Kerja pada yang digelar Baleg DPR, kemarin (20/5). Rapat ini dihadiri seluruh anggota panja secara virtual ini dan dipimpin langsung oleh pimpinan Baleg DPR, Supratman Andi Agtas.

"Kehadiran PKS dalam rapat panja ini, seutuhnya sebagai partai oposisi. Sehingga dapat membawa kemaslahatan bagi rakyat dan kebaikan bagi bangsa," kata Anis.


TEROPONG JUGA:

> Aggota Baleg DPR Tolak Bahas RUU Omnibus Law di Tengah Wabah Covid-19


Anis mengungkapkan fraksinya banyak menemui kejanggalan dalam materi RUU Omnibus Law yang dinilai tidak berpihak kepada kepentingan rakyat. Hal ini senada dengan apa yang selama ini disampaikan oleh kalangan buruh. Maka, kata Anis tak ada jalan lain bagi fraksinya selain mengawal pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dengan sunggguh-sungguh sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat khususnya pemilih PKS.

“Itulah pentingnya kita hadir dalam panja, agar kita bisa turut mengawal substansi (RUU Cipta Kerja) sejak awal,” ujarnya.

Politikus PKS ini menegaskan RUU Cipta Kerja harus dipastikan berpihak pada kepentingan nasional, antara lain memprioritaskan pembukaan lapangan pekerjaan untuk tenaga kerja Indonesia, bukan tenaga kerja asing, dan menjamin kedaulatan bangsa tidak tergadai serta yang paling mendasar, yakni memastikan RUU ini tidak melanggar Konstitusi.

Di samping itu, Anis menuturkan, mendesak agar pembahasan RUU ditunda hingga pandemi Covid-19 berakhir tampaknya menjadi seruan yang akan terus diingatkan. Saat ini kesehatan masyarakat menjadi prioritas pembahasan dibanding membahas beleid dalam RUU Cipta Kerja.

Namun, kata Anis, Baleg DPR terus melaju dengan agendanya. Atas dasar inilah mengapa fraksi PKS turut hadir dalam rapat panja.

Sekadar informasi, rapat Baleg kemarin juga melanjutkan pembahasan Omnibus Law RUU Cipta yang membahas daftar inventarisir masalah (DIM) di bagian konsideran, Bab I (Ketentuan Umum) dan Bab II (Maksud dan Tujuan). Kedua bab ini menjadi hal yang sangat penting karena kedua bab di awal ini akan sangat mewarnai arah atau bunyi pasal-pasal pada 13 bab berikutnya.

Pimpinan Fraksi PKS telah memutuskan untuk terlibat sejak awal dalam pembahasan DIM di panja Baleg DPR dengan mengutus 3 anggota Baleg dari PKS sebagai anggota panja. Ketiganya adalah Bukhori Yusuf, Ledia Hanifah Amalia, dan Anis Byarwati. (Allan)

tag: #ruu-ciptaker  #baleg-dpr  #pks  #anis-byarwati  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...