Oleh Aries Kelana pada hari Minggu, 24 Mei 2020 - 18:27:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Cina: AS Jangan Buang-Buang Waktu Menyebar Kebohongan

tscom_news_photo_1590319652.jpg
Donald trump-Xi Jinping (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Diplomat top Cina Wang Yi menilai Amerika Serikat (AS) membuang-buang waktu dengan menyebar kebohongan dan menyerang Cina. Seharusnya, AS bekerjasama dengan Cina untuk memerangi COVID-19.

Ia mengatakan itu karena jumlah korban yang tewas akibat COVID-19 di negeri Paman Sam, hampir menembus angka 100.000 orang dengan jumlah kasus postif mencapai sekitar 1,7 juta orang.

“Menyesal, selain coronavirus yang mengamuk, virus politik juga menyebar di Amerika Serikat. Virus politik ini menggunakan setiap kesempatan untuk menyerang dan melumuri Cina, "kata Wang, yang juga menteri luar negeri Cina, dalam jumpa pers yang dikutip reuters.com (24/5/2020).

"Beberapa politisi mengabaikan fakta paling mendasar dan terlalu banyak mengarang kebohongan tentang Tiongkok dan merencanakan terlalu banyak konspirasi," imbuh Wang.

"Saya ingin mengatakan di sini: Jangan buang waktu yang berharga lagi, dan jangan mengabaikan nyawa," kata Wang.

Menurutnya, Cina dan AS juga perlu mulai mengoordinasikan kebijakan makro untuk ekonomi masing-masing serta ekonomi dunia.

China tetap siap untuk bekerja dengan Amerika Serikat dalam semangat kerja sama dan saling menghormati, kata Wang, ketika ditanya apakah hubungan Tiongkok-AS akan semakin memburuk.

Hubungan Cina-AS merosot sejak pecahnya COVID-19, dengan pemerintahan Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping berulangkali memperdagangkan duri atas masalah yang terkait dengan pandemi, terutama tuduhan penyelamatan AS dan kurangnya transparansi soal penanganan COVID-19.

Kedua negara ekonomi utama juga berselisih soal Hong Kong, hak asasi manusia, perdagangan, dan dukungan AS untuk Taiwan yang diklaim Tiongkok.

tag: #cina  #amerika-serikat  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...