Oleh Rihad pada hari Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:27:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Airlangga Anggap Proyek Drone Lebih Tepat dibandingkan Pesawat

tscom_news_photo_1590805660.jpg
Drone buatan PT DI (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Akibat kesulitan anggaran, pemerintah memutuskan menghapus dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245, dari daftar proyek strategis nasional (PSN) dan justru pengembangan tiga proyek pesawat nirawak (drone).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, menyampaikan Pemerintah menambahkan tiga proyek pengembangan pesawat nirawak dalam PSN 2020-2024.

Menurut Airlangga, pengembangan pesawat nirawak lebih ideal dilakukan dalam kondisi saat ini. Karena itu, Pemerintah mendahulukan pengembangan proyek pesawat nirawak di tengah pandemi COVID-19 ini, dibanding R80 dan N245. "Tiga proyek terkait pengembangan ‘drone’ itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245," ujar Airlangga. Proyek pesawat nirawak ini, juga sedang dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Secara keseluruhan, Pemerintah merekomendasikan sebanyak 89 PSN baru senilai Rp1.422 triliun, termasuk tiga proyek pesawat nirawak.

Sebanyak 89 PSN yang menjadi rekomendasi, 56 proyek di antaranya adalah usulan baru. Sedangkan 10 proyek merupakan proyek perluasan dari PSN sebelumnya, 15 proyek dikelompokkan sebagai program pemerintah baru, dan 8 proyek masuk dalam sektor ketenagalistrikan.

"Dari 245 proyek baru (yang diusulkan), hanya 89 proyek yang memenuhi kriteria. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan, karena masih butuh dukungan kementerian teknis dan perlu memenuhi kriteria sebagai PSN," ujar Airlangga lagi.

Proyek pengembangan pesawat R80 yang sempat masuk dalam PSN ini dikerjakan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Sedangkan proyek pesawat N245 digarap oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

tag: #airlangga-hartarto  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

BNI Life Raih Penghargaan The Best Business Strategy & Digital Marketing

Oleh windarto
pada hari Jumat, 27 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT BNI Life Insurance menerima penghargaan sebagai The Best Business Strategy & Digital Marketing Team pada ajang Digital Marketing & Human Capital Award 2020 yang ...
Bisnis

Pastikan Ketersediaan Produk Pangan di Pasar Ritel, RNI Jalin Kerjasama dengan Aprindo

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam rangka memastikan ketersediaan produk pangan di pasar ritel, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ...