Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 03 Jun 2020 - 14:34:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Menag Batalkan Ibadah Haji, DPR: Waiting List Akan Semakin Panjang

tscom_news_photo_1591169667.jpg
Ka'bah Mekkah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengatakan, keputusan Menag Fachrul Razy yang membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun anggaran 2020 sama saja mencoreng citra pemerintahan Jokowi-Ma"ruf.

"Sekarang kan persepsi publik terhadap pemerintahan Jokowi jadi buruk dengan adanya keputusan itu. Publik jadinya kan beranggapan bahwa keputusan pembatalan itu karena dana haji dipakai untuk penanganan Covid-19 lah apalah, selain itu jamaah juga jadi resah dengan adanya keputusan itu. Diawal saya katakan andai saja Menag sebelum ambil keputusan itu terlebih dahulu berdiskusi dengan DPR, mungkin persepsi publik tidak akan seliar saat ini," tandas Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra itu kepada wartawan, Rabu (03/06/2020).

Tak hanya itu, Wachid juga menilai, keputusan Menteri Agama Fachrul Razy yang membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan berdampak cukup serius.

"Penundaan tersebut berdampak pada waiting list atau daftar tunggu yang akan semakin panjang nantinya," katanya.

Lebih lanjut Wachid menyarankan agar Menag memiliki skala prioritas dalam menyikapi pelaksanaan ibadah haji di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Bilamana otoritas Arab Saudi ternyata membolehkan pelaksanaan ibadah haji nantinya.

"Bisa saja kan dari 210 ribu jamaah terdaftar, setengahnya yang berusia dibawah 50 tahun bisa diberangkatkan. Karena diatas usia itu kan kita ketahui rentan ditengah pandemi ini," ujarnya.

Yang tak kalah penting dari adanya keputusan ini, kata dia, pemerintah dalam hal ini kementerian agama harus memberikan kepastian dan kejelasan akan nasib jamaah yang sudah terlanjur melunasi biaya haji.

"Jamaah yang sudah melunasi biaya haji sebaiknya biaya tersebut dikembalikan 100% oleh pemerintah. Dan pemerintah harus umumkan juga bahwa jamaah yang gagal berangkat tahun ini akan diprioritaskan pada tahun berikutnya," tegasnya.

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...