Oleh Tommy pada hari Jumat, 05 Jun 2020 - 10:22:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Data IMF : Ekonomi Indonesia, Tiongkok dan India Masih Bertumbuh

tscom_news_photo_1591327344.jpg
IMF (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Merujuk pada data proyeksi pertumbuhan ekonomi bulan April 2020 yang dirilis International Monetary Fund (IMF), perekonomian Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan yang positif di tengah pandemi virus korona (Covid-19).

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada bulan April 2020 sebesar 0,5%. Bersama Indonesia, negara yang menunjukkan angka positif laju pertumbuhan ekonomi yaitu Tiongkok 1,2% dan India 1,9% di bulan yang sama.

"Jadi kalau kita lihat disinilah proyeksi dari pada IMF itu terlihat di tahun 2020 pertumbuhan ekonomi global itu minus 3%," katanya dalam diskusi virtual bertajuk "New Normal: Kepatuhan dan Kolaborasi untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia", Kamis (4/6).

Untuk negara maju minus 6,1%, emerging country minus 1%, Amerika minus 5,9% dan hanya tiga negara yang pertumbuhannya positif yaitu Tiongkok 1,2%, India 1,9% dan Indonesia 0,5%,

Dia menyebut negara-negara yang mengalami minus pertumbuhan ekonominya sedang memasuki masa resesi. Ia menyebut hal itu dampak dari kebijakan masing-masing negara dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Ada yang menghentikan secara total aktivitas negara termasuk kegiatan ekonominya. Serta ada juga yang tetap menjalankan aktivitas perekonomian namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” kata Airlangga.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement