Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 09 Jun 2020 - 21:42:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Amerika Serikat Lakukan Aksi Untuk George Floyd, Fahri Hamzah : Seperti Aksi 212

tscom_news_photo_1591712618.jpeg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Politisi Partai Gelora, Fahri Hamzah mengatakan kalau aksi yang dilakukan oleh warga Amerika Serikat atas kematian George Floyd sama dengan aksi yang dilakukan warga Indonesia pada aksi 212.

Selain Aksi 212 di Indonesia, Fahri juga menyamakan aksi George Floyd dengan beberapa kejadian lainnya yang ada di negara-negara lain.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menganggap apa yang terjadi saat ini di Amerika Serikat sama dengan berbagai aksi di negara lain tetapi efeknya yang berbeda.

"Apa yang terjadi di Amerika (#GeorgeFloyd) #AmericanSpring (juni 2020) hampir sama dgn yg terjadi di #ArabSpring (Desember 2010) Mulai di Tunisia (#Bouazizi) juga dengan yang terjadi di Indonesia (#Aksi212) Desember 2016. Perbedaannya pada efek kerusuhan dan pergantian rezim," tulis Fahri pada akun twitternya, Selasa (09/06/2020).

Aksi protes di AS mengecam “pembunuhan” yang dilakukan oleh petugas polisi Derek Chauvin terhadap George Floyd, seorang pria Afrika-Amerika berusia 46 tahun.

George meninggal setelah petugas polisi Derek Chauvin menekan lututnya di leher Floyd selama beberapa menit hingga menyebabkannya tidak bisa bernapas dan akhirnya tewas di tempat.

Selain itu, Warga Amerika Serikat juga menuntut kepada Pemerintah AS untuk mengentikan tindakan rasisme dan diskriminasi terhadap warga kulit hitam.

Namun aksi demonstrasi tersebut diwarnai kerusuhan dan penjarahan, beberapa gedung pun dikabarkan terbakar akibat aksi yang dilakukan oleh masa demonstrasi.

Sementara, pada Aksi 212 digelar pada 2 Desember 2016, tuntutan massa saat itu adalah terkait kasus penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, yang ketika itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Para demonstran aksi 212 menuntut Ahok untuk dipenjara karena dianggap menghina umat Muslim. Aksi ini disusupi dengan isu makar, karena para demonstran Aksi 212 juga menuntut Presiden Joko Widodo mundur dari jabatannya.

tag: #fahri-hamzah  #aksi-212  #george-floyd  #amerika-serikat  #ahok  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...