Oleh windarto pada hari Selasa, 16 Jun 2020 - 09:09:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Tahun Akademik Baru, Ini Skenario Kenormalan Baru yang disiapkan Unika Atma Jaya

tscom_news_photo_1592273359.jpg
Protokol ksehatan yang diterpkan saat mahasiswa memasuki lokasi kampus Atma Jaya (Sumber foto : dok: istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Unika Atma Jaya Jakarta (UAJ) telah menyiapkan skenario kenormalan baru kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru 2020. Saat ini yang sudah dikeluarkan adalah protokol kesehatan dan keselamatan kerja pada masa transisi.

Protokol ini memperhatikan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada masa transisi, dan arahan dari Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 serta berpedoman pada peraturan yang ada, antara lain KMK No.HK 01.07-MENKES-328-2020 tentang Panduan Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Perkantoran dan Industri.

Rektor UAJ Dr. A. Prasetyantoko mengatakan, menyikapi kenormalan baru pada dunia pendidikan, UAJ memandang pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ketat. Walaupun kegiatan perkuliahan saat ini masih berlangsung secara online, unit kerja yang esensial pendukung kegiatan perkuliahan dan administratif sudah mulai diaktifkan. Hal ini dilakukan agar nantinya di semester baru semua kegiatan belajar berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, bersama para ahli bidang kesehatan dari FKIK UAJ dan ahli biologi FTb, membuat protokol kesehatan yang penerapannya dilakukan kepada karyawan terlebih dahulu.

“Ini merupakan salah satu aspek dari penilaian risiko. Kami berencana memulai kembali operasional kampus secara bertahap mulai Kamis, 11 Juni ini. Sebelumnya kami melakukan penilaian risiko terlebih dahulu terhadap para karyawan sebelum mereka mulai bekerja,”ujar Rektor UAJ Dr. A. Prasetyantoko dalam keterangan resminya, Selasa, 16 Juni 2020.

Jam kerja yang diterapkan akan dibagi secara bergiliran (shift) dengan jam kerja berlangsung pukul 10.00 - 15.00 WIB di semua kampus UAJ yaitu Kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluitdan Kampus 3 BSD. Adapun penilaian risiko karyawan dibagi menjadi tiga yaitu kelompok risiko rendah, sedang dan tinggi. Kelompok risiko rendah sudah dapat bekerja ke kampus mulai 11 Juni 2020 ini. Kemudian kelompok risiko sedang mulai bekerja pada 20 Juli dan risiko tinggi mulai bekerja ke kampus pada 10 Agustus 2020. Jumlah individu yang bekerja dalam satu ruangan juga dibatasi, maksimum lima puluh persen dari total kapasitas ruangan.

Lebih lanjut Prasetyantoko menjelaskan bahwa setiap periode kerja yang berlangsung akan terus dilakukan penilaian dan evaluasi sebelum perkuliahan mahasiswa secara tatap muka yang direncanakan dibuka pada pertengahan November 2020 nanti.

Infratruktur penunjang untuk mendukung protokol Kesehatan juga telah disiapkan. Pengecekan suhu, tempat cuci tangan, aturan penggunaan masker, penyemprotan disinfektan pada ruangan kerja dan karyawan yang datang dengan menggunakan kendaraan umum juga diterapkan. Bahkan di setiap kampus ada fasilitas klinik untuk pemeriksaan kesehatan.

Kesiapan Pengajaran dengan Blended Learning

Terkait kebijakan perkuliahan, Prasetyantoko menyatakan sudah menyiapkan program blended learning. Metode blended learning menggantikan perkuliahan tatap muka sebanyak lima puluh persen melalui metode daring. Metode tatap muka diutamakan untuk perkuliahan yang membutuhkan praktik lapangan atau interaksi kelompok.

“Kami berupaya mempertahankan kualitas mutu pengajaran ditengah penerapan kebijakan new normal termasuk pada perguruan tinggi. Pada Mei 2020 lalu kami mendapatkan penghargaan tertinggi bintang lima pada kategori online learning oleh lembaga pemeringkatan dunia QS Stars. Ini menjadi semangat bagi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik kami,” tutur Prasetyantoko.

Rencana perkuliahan tatap muka sendiri seperti yang telah disampaikan direncanakan untuk berjalan pada awal November 2020. Kampus juga tengah menyiapkan protokol kegiatan yang tidak melibatkan kerumunan. Selain seminar daring dan tes penerimaan mahasiswa baru secara daring yang sudah berjalan, wisuda daring dan orientasi mahasiswa baru secara daring juga tengah disiapkan.

Materi terkait Pengenalan Kampus secara online saat ini sedang dipersiapkan dengan seksama dan tentunya yang paling utama memenuhi protocol kesehatan. Telah direncanakan sesi Campus Tour secara virtual sehingga mahasiswa tetap dapat memahami secara mendetil mengenai lingkungan kampus.

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, Agustinus Prajaka menerangkan yang menjadi tantangan adalah SOP pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang harus beradaptasi karena pandemi ini. Selain pelaksanaan SOP standar seperti cuci tangan, masker, pengukuran suhu dan penyemprotan disinfektan. Dinamika kegiatan mahasiswa juga mengalami adaptasi. Kami mendukung kreativitas mahasiswa untuk tetap berkegiatan dengan kebiasaan baru, the new normal. Selain itu kami juga terus melakukan komunikasi intensif dengan dunia industri untuk bersama bergandengan tangan menghadapi bersama pandemi ini salah satunya melalui program virtual internship yang merupakan new normal dalam hal magang.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...