Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 17 Jun 2020 - 20:42:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Polling Terbaru: Biden Unggul di Politik, Trump di Ekonomi

tscom_news_photo_1592401328.jpg
Donald Trump dan Joe Biden (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) masing-masing calon berusaha mendapat simpati dari para pemilihnya. Baik Donald Trump dari Partai Republik maupun Joe Biden dari Partai Demokrat berjuang dengan beberapa langkah yang diharapkan mendulang dukungan.

Salah satu alat untuk melihat peluang keduanya adalah dengan melalui polling. Reuters telah melakukan jajak pendapat dari para pemilih yang sudah terdaftar. Jajak pendapat itu dilakukan dengan melihat berbagai kebijakan yang dikeluarkan dan pendapat atau masukan dalam penanganan segi politik dan ekonomi.

Dalam bidang politik, Biden untuk sementara unggul 13 poin daripada Trump. Ini merupakan selisih terbesar dalam tahun ini. Orang AS menurut jajak tersebut, semakin kritis terhadap sikap Trump terhadap pandemi COVID-19 dan penanganan polisi terhadap warga kulit hitam.

Jajak pendapat yang digelar 10-16 Juni lalu, seperti dilansir reuters.com (17/6/2020).

Keungggulan Biden terhadap Trump tak banyak beda dengan hasil jajak pendapat oleh CNN, Pada awal bulan ini, Biden unggul 14 poin atas Trump.

Keunggulan Biden terletak pada kekecewaan warga AS terhadap kebijaksanaan Trump. Sebanyak 57 pemilik dewasa tidak setuju dengan kinerja Trump di kantor. Sedangkan setuju hanya 38% - terendah sejak November tahun lalu, tepatnya sejak DPR memulai tahapan impeachment terhadap Trump.

Mereka (55%) juga tak setuju atas penanganan Trump terhadap pandemi COVID-19, sedangkan yang setuju cuma 40%.

Trump, yang menampik ancaman virus korona sejak awal, berdebat dengan gubernur negara bagian ketika mereka mencoba memperlambat penyebarannya dan telah mendorong pihak berwenang untuk mengizinkan bisnis dibuka kembali meskipun ada peringatan dari para pakar kesehatan tentang meningkatnya risiko penularan.

Lebih dari 116.000 orang di Amerika Serikat telah meninggal karena virus dan lebih dari 2,1 juta orang telah terinfeksi, sejauh ini merupakan yang terbanyak di dunia. Beberapa negara yang telah dibuka kembali seperti Florida, Arizona dan Texas melihat lompatan dalam kasus.

Sikap Trump terhadap pembunuhan polisi terhadap George Floyd, juga dianggap mempengaruhi hasil jajak pendapat.

Namun di bidang ekonomi dan pekerjaan, Trump masih lebih unggul dari Biden. Empat puluh tiga persen dari pemilih terdaftar mengatakan mereka berpikir Trump akan menjadi pelayan ekonomi yang lebih baik daripada Biden, sementara 38% mengatakan Biden akan lebih baik.

tag: #donald-trump  #pilpres-2019  #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...