Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Thursday, 18 Jun 2020 - 10:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Polemik RUU HIP, MUI Siap Melakukan Demo Besar-besaran

tscom_news_photo_1592449633.jpg
Muhyiddin Junaidi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Muhyiddin Junaidi mengatakan MUI akan mengedepankan metode persuasif untuk menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Menurutnya, bila metode persuasif tidak membuahkan hasil maka Demo besar-besaran atau aksi turun merupakan opsi terakhir.

“Apabila persuasi tidak membuahkan hasil, maka MUI memiliki opsi al masiroh kubro (demo besar),” kata Muhyiddin melalui keteranganya, Kamis (18/06/2020).

Muhyiddin menuturkan kalau sejauh ini demo besar yang konstitusional merupakan upaya menunjukkan kekuatan umat Islam dengan cara damai dan sesuai peraturan.

Hanya saja untuk saat ini demo dalam skala besar belum diperlukan karena pendekatan persuasif masih bisa dilakukan dalam menolak RUU HIP.

Muhyiddin mengisyaratkan menolak RUU HIP dengan segala upaya, termasuk al masiroh kubro atau demo secara besar.

Hal itu, sebagai kegiatan unjuk rasa menunjukkan ekspresi umat Islam yang tidak setuju dengan draf regulasi yang mereduksi Pancasila itu.

“Itu opsi terakhir. Jika ada alternatif damai itu yang terbaik,” tuturnya

Meski begitu, Muhyiddin tetap mengimbau kepada umat Islam dan non Muslim untuk tetap dengan kepala dingin merespon RUU HIP.

tag: #mui  #demonstrasi  #ruu-hip  #pancasila  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...