Bisnis
Oleh Rihad pada hari Friday, 26 Jun 2020 - 22:43:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Mau Sukses Bisnis Lewat Instagram? Cek Kiat dari Pakar

tscom_news_photo_1593182615.jpg
bisnis lewat instagram (Sumber foto : IST)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Frengklin Matatula, seorang pakar IT Development, Website, & Aplikasi Mobile membagi kiat menggunakan instagram untuk bisnis. Pelatihan yang dilakukan secara daring ini diinisiasi oleh Pertamina dan Tim Rumah Kreatif BUMN (RKB) Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pekan lalu, dengan tema "Laris Manis Jualan via Instagram". Para peserta antara lain dilatih teknik penyampaian pesan kepada followers Instagram seperti pengaturan konten, visualisasi, size, dan rasio foto di feed maupun story.

Frengklin Matatula menjelaskan, konten instagram haruslah memberikan visual menarik dan diberi penjelasan yang detail. Konten tersebut harus diupload secara rutin minimal 1-2 konten sehari, lalu diberikan hashtag yang relevan dengan produk yang dipromosikan.

Menurut Frenklin, ukuran dan ratio yang ideal untuk membuat feed adalah 4:5 sedangkan untuk story adalah 9:16. Para pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada di App Store / Play Store seperti SCRL, Storylab, Hype Type, dan Unfold, untuk membantu mempercantik foto yang akan diupload.

Para pelaku UMKM dapat mencari referensi konten yang menarik dari mana saja, salah satunya melalui fitur explore di Instagram yang dapat diedit untuk menyeleksi konten mana yang disukai. Selain mampu menyediakan berbagai referensi konten, fitur explore ini juga dapat memperluas kesempatan kolaborasi dengan content creator, serta mengetahui tren yang saat ini sedang hits di media social.

Social Media saat ini, lanjut Frengklin berperan penting dalam penjualan produk UMKM. Namun untuk optimalnya penjualan produk, disamping konten yang bagus dan menarik, jumlah “followers” juga sangat menentukan jumlah penjualan produk di Instagram. Jumlah followers yang dimaksud tentunya harus followers yang organik atau followers dengan akun yang real. "Hindari membeli followers fiktif untuk menunjukkan seolah-olah followers instagram sudah banyak," ujar Frengklin.

Respon para pelaku UMKM atas diadakannya pelatihan daring ini sangat bagus. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihannya dan berharap kedepannya akan lebih banyak pelatihan yang diadakan.

Seperti yang dituturkan oleh Siti Muslichaatun, salah satu peserta pelatihan dari Palangkaraya. Menurutnya, pelatihan seperti ini agar rutin diadakan sehingga pelaku UMKM seperti dirinya bisa terus berkembang dan inovatif terutama dalam memasarkan produknya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina terus meningkatkan kapasitas mitra binaan Pertamina agar bisa bangkit pasca Covid-19. Pertamina melatih 180 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah agar sukses dalam berbisnis di media sosial, terutama Instagram.

"Sebagai BUMN, Pertamina terus berkomitmen untuk membina dan mengembangkan UMKM sebagai sokoguru perekonomian bangsa agar terus adaptif dan inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi," ujar Fajriyah.


tag: #umkm  #bisnis  #instagram  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement