Berita
Oleh Alfin Pulungan pada hari Wednesday, 08 Jul 2020 - 17:46:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Wapres: Pemerintah Berikan Bantuan Dana untuk Pesantren 2,6 T

tscom_news_photo_1594199809.jpg
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) dan Menag Fachrul Razi (kanan) saat kunjungan ke Pesantren Assobariyah, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 8 Juli 2020 (Sumber foto : Dok. Humas Kemenag)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Presiden KH Ma"ruf Amin menegaskan pemerintah berkomitmen membantu lembaga pendidikan Islam di musim pandemi dengan memberikan dana bantuan sebesar 2,6 triliun.

Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan ke beberapa jenis lembaga pendidikan, mulai dari Pesantren, Madrasah Diniyah, hingga lembaga pendidikan Al-Quran.

"Pesantren jangan sampai menjadi pusat penularan Covid 19. Pemerintah memiliki perhatian ke pesantren, diniyah dan pendidikan Al Quran. Pemerintah menyediakan dana 2,6T," kata Ma"ruf saat berkunjung ke Pesantren Assobariyah, Kota Sukabumi, dikutip melalui siaran pers Kementerian Agama, Rabu, 8 Juli 2020.

Untuk pesantren, pemerintah akan memberikan bantuan berdasarkan kriteria yang ditentukan. "Pesantren akan mendapat bantuan operasional, ada yang 50, 40, dan 25 juta, sesuai kriteria pesantren," katanya.

Ma"ruf menuturkan, Indonesia saat ini sedang berada di era normal baru menuju masyarakat yang produktif dan aman Covid-19. Sebab itu, pesantren juga harus dipersiapkan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan aman Covid-19.

"Menuju Indonesia yang produktif tapi aman covid, bahaya Covid harus dihilangkan. Pesantren harus menerapkan protokol kesehatan," kata Ma"ruf.


Teropong Juga:

> Inilah Pedoman Kemenag Bagi Santri yang Akan Kembali ke Pesantren


Sebelumnya, pemerintah sendiri melalui Mengeri Agama Fachrul Razi telah mengusulkan penambahan anggaran untuk penanganan dampak Covid-19 di pondok pesantren dan lembaga keagamaan Islam senilai Rp 2,6 triliun. Hal itu ia sampaikan dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Selasa, 7 Juli 2020.

Komisi VIII DPR RI menyatakan setuju atas usulan tersebut. Namun, Fachrul menjelaskan anggaran tersebut tidak hanya akan disalurkan pada pendidikan Islam, melainkan akan dibagi juga untuk yayasan agama lain.

Selama musim pandemi, Fachrul mengungkapkan lembaganya juga rutin menyalurkan bantuan ke semua pendidikan keagamaan.

"Tidak boleh tidak seimbang. Harus seimbang. Bantuan pesantren misalnya semula Rp2,3 miliar. Jangan pesantren saja agama ain juga. Makanya anggarannya kemudian menjadi Rp2,6 triliun. Ini menunjukkan bahwa semuanya kita lakukan secara pantas,” katanya.

tag: #pondok-pesantren  #maruf-amin  #fachrul-razi  #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...