Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Wednesday, 08 Jul 2020 - 18:35:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Tingkatkan Program Pariwisata, DPR Dorong KLHK Bersinergi Dengan Pemprov NTT

tscom_news_photo_1594202997.jpg
Julie Sutrisno Laiskodat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk bersinergi dengan Pemrov Nusa Tenggara Timur (NTT) guna meningkatkan program pariwisata yang ada di NTT.

Julie mengatakan kalau program Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat ini lebih banyak di bidang pariwisata, sehingga ada korelasi dengan lingkungan hidup dan kehutanan.

“Kebetulan program Pak Gubernur NTT itu lebih besar di bidang pariwisata kemudian sebelum pandemi corona, Pak Presiden menyebut bahwa NTT termasuk destinasi wisata prioritas dan saya memohon Ibu Menteri (LHK) karena mempunyai lahan kehutanan yang bisa menjadi objek pariwisata untuk bisa mendukung penuh (program) Gubernur NTT ini,” kata Julie dalam Rapat Kerja dengan Menteri LHK Siti Nurbaya beserta jajaran, di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (08/07/2020).

Politisi Partai NasDem tersebut mengakui bahwa NTT memiliki potensi yang sangat besar bila alam dan lingkungannya dikelola secara baik.

Untuk itu, Julie menuturkan kalau sinergi antara KLHK dengan seluruh unsur pemangku kepentingan di NTT sangat diperlukan.

“Saya adalah Ketua Dekranasda NTT. Kami mempunyai program adalah menuju ekowisata dan agrowisata. Contohnya misalnya kami gunakan tenun yang tiap hari dipakai mempunyai budaya yang luar biasa dan zaman dulu itu tenun dibuatnya itu dari kapas, tapi saat ini pohon kapas itu sudah hampir punah," tutur Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT tersebut.

Anggota Dewan dapil NTT I itu pun berharap Dekranasda NTT bisa kolaborasi dengan KLHK dalam menciptakan lahan pariwisata yang memanfaatkan potensi alamnya.

"Saya bermimpi bisa berkolaborasi dengan ibu (Menteri LHK) dan mohon dukungannya untuk Dekranasda bisa menjadikan itu pariwisata sebagai wilayah yang pohonnya itu bisa kita petik," ujarnya.

Julie menyebutkan kalau pemanfaatan pariwisata berkaitan pula dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, sehingga ia pun sangat berkeinginan untuk membantu Pemerintah dalam sektor itu.

"Saya ingin Dekranasda ini bisa membantu pemerintah di bidang pariwisata, sehingga masyarakat bisa enjoy dengan alam tetapi juga ada nilai ekonomi bagi masyakat yang tinggal di sekitarnya," pungkasnya.

tag: #ntt  #dpr  #kementerian-lhk  #pariwisata  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement