Oleh windarto pada hari Selasa, 14 Jul 2020 - 05:39:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Mantan Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Doni P Joewono Terpilih sebagai Deputi Gubernur BI

tscom_news_photo_1594679985.jpg
Doni Primanto Joewono terpilih secara aklamasi sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam proses internal yang dilakukan Komisi XI DPR. (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Doni Primanto Joewono terpilih secara aklamasi sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam proses internal yang dilakukan Komisi XI DPR.

Doni yang posisi terakhirnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI ini, terpilih menggantikan Erwin Rijanto yang sudah mengakhiri masa jabatannya.

Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mengatakan Doni terpilih dalam keputusan yang diambil dalam rapat internal Komisi XI dengan menyisihkan dua pesaing yang juga berasal dari internal BI, yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman.

"Doni dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat," kata Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, Pria kelahiran Surabaya pada 1965 ini juga sempat menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat ini telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada Rabu (8/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Doni menjanjikan untuk mendorong optimalisasi industri manufaktur dan pariwisata sebagai salah satu strategi membangkitkan ekonomi RI setelah pandemi COVID-19.

Menurut Doni, penguatan kedua sektor tersebut penting karena dapat berperan untuk meningkatkan surplus neraca transaksi berjalan.

"BI akan berperan aktif melakukan sinergi kebijakan dengan memusatkan perhatian ke sektor prioritas ini," ungkap Doni saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR RI.

Menurutnya, industri manufaktur akan diarahkan kepada usaha yang berorientasi ekspor dengan lebih banyak menggunakan kandungan lokal dan berbasis sumber daya alam.

Fokus dalam industri manufaktur itu di antaranya bergerak di sektor pertambangan, pertanian, perkebunan dan perikanan. Sementara untuk sektor pariwisata, Doni akan mendorong penguatan destinasi wisata utama seperti Bali dan Bintan, Kepri, mengingat pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement