Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 21 Jul 2020 - 20:08:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Santer Dikabarkan Gibran Akan Lawan Kotak Kosong, PDIP : Itu Demokratis

tscom_news_photo_1595335687.jpg
Andreas Hugo Pareira (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pilkada Kota Solo 2020 kemungkinan hanya akan ada calon tunggal dan berujung melawan kotak kosong.

Dinamika politik ini berpotensi akan terjadi jika semua partai politik mengusung bakal calon Wali Kota Putra Sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal tersebut, Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menilai kondisi tersebut jangan dipersoalkan karena rakyat yang menentukan pilihan.

"Toh, akhirnya rakyat juga yang putuskan. Mau pilih Gibran atau pilih kotak kosong. Tidak ada alasan juga untuk memaksa orang harus pilih Gibran," ujar Andreas, di Jakarta, Selasa (21/07/20).

Andreas mengatakan dengan memilih Gibran atau kotak kosong juga tata cara yang demokratis dalam pilkada sebab hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Pilkada.

Andreaspun menekankan kalau masyarakat tidak perlu untuk menyudutkan Gibran lantaran statusnya sebagai putra Presiden Jokowi.

"Memilih Gibran dan kotak kosong juga merupakan prosedur pemilihan demokratis yang kita buat. Dan, kita yakini itu demokratis. Kenapa untuk kasus Gibran kita mencari alibi untuk membantahnya," katanya.

Pun, Anggota Komisi X DPR RI tersebut juga heran dengan maraknya opini Gibran maju ke pilkada maka memperkuat dinasti politik Jokowi.

Bagi dia, opini dinasti politik itu tak relevan, sebab sistem politik di Indonesia bukan seperti di Korea Utara atau Korut yang punya sistem totaliter.

"Karena dalam sistem pemilihan langsung, yang memutuskan seseorang terpilih atau tidak adalah rakyat. Dinasti hanya berlaku pada sistem monarki atau sistem totaliter sebagaimana yang dipraktikkan Korut saat ini," tandasnya.

tag: #dpr  #pdip  #gibran-rakabuming  #pilkada-2020  #solo  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...