Oleh Alfin Pulungan pada hari Kamis, 23 Jul 2020 - 10:51:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Kritisi Kuota Impor Raw Sugar, Ada Apa?

tscom_news_photo_1595476036.jpeg
Pasokan gula mentah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi VI DPR, Amin Ak mengkritisi kebijakan impor raw sugar (gula mentah) oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI. Pasalnya, kuota impor raw sugar untuk BUMN pemilik pabrik gula belum sesuai dengan kapasitas pengolahan dari raw sugar menjadi gula kristal putih (GKP).

Saat ini, kapasitas pengolahan raw sugar menjadi GKP oleh BUMN mencapai sekitar 400 ribu ton per tahun atau 10% dari total impor raw sugar yang mencapai 4 juta ton per tahun. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, kebutuhan gula untuk industri dan rumah tangga mencapai 6 juta ton per tahun. Dari jumlah tersebut, produksi dalam negeri hanya mampu memenuhi sekitar 2 juta ton per tahun.

"Hal itu untuk memberi kesempatan kepada BUMN bisa menyiapkan sarana proses rafinasi raw sugar menjadi GKP," kata Amin dalam siaran pers kepada wartawan, Kamis, 23 Juli 2020.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mendesak pemerintah memberikan kepastian besaran kuota impor gula untuk BUMN pemilik pabrik gula paling lambat di awal tahun.

Selain itu, Amin meminta revitalisasi pabrik gula mulai manajemen sampai sarana dan prasarana produksi. Menurutnya, pabrik dengan peralatan kuno tidak akan efisien sehingga diperlukan revitalisasi pabrik-pabrik gula.

Keterlibatan petani dalam menyiapkan bahan gula juga sangat diperlukan. Untuk itu, Amin meminta PTPN agar menjadikan petani sebagai mitra strategis dan mendorong mereka menjadikan komoditas tebu menjadi pilihan pertama mereka.

Holding PTPN, kata Amin, harus berupaya keras mencukupi kebutuhan gula dengan berbagai langkah strategis, baik yang terkait dengan produktifitas lahan (on farm) hingga perbaikan sarana produksi (off farm).

"Pemberdayaan petani tebu penting agar bahan baku untuk pabrik gula bisa terpenuhi sekaligus mengurangi ketergantungan impor," kata Amin.

tag: #impor-gula  #komisi-vi-dpr  #bumn  #amin-ak  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...